Kanal

Bupati Rohil Himbau Warganya Gemar KB

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Bupati Rokan Hilir H Suyatno menghimbau kepada masyarakat untuk ber- KB, terutama bagi yang masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan tetap,sebab sesuai kenyataan dilapangan, anak penderita gizi buruk, ternyata orang tuanya tidak ber-KB sebelumnya  hingga memiliki delapan anak,sementara perekonomian sulit, biaya hidup semakin mahal.

"Banyak anak banyak rezeki, kalau tidak punya pekerjaan tetap sulit untuk dibuktikan, terutama sekali orang tualah ya,itu sudah ada dampak,seperti kenyataan yang ada dilapangan, diantara keluarga sudah sekian banyak, saya pikir tak usah tambah-tambah anak lagi lah. Setiap nambah anak, muncul gizi buruk. Nambah anak, timbul gizi buruk. Itukan suatu pandangan bagi orang tua, stop aja. KB jalan. Cukup anak dua saja,” pintanya.

Tidak sampai disitu, kepedulian terhadap anak, Bupati Suyatno punya niat mendirikan rumah sakit khusus anak-anak, sesuai hasil sharingnya dengan DPRD Provinsi Riau, dan hal sama sudah dilakukan di Pekanbaru, dan akan dilakukan kajian termasuk memperbanyak bangunan pustu,"saat dirinya meninjau RSUD Pratomo Bagansiapiapi dan anak kurang gizi baru-baru ini.

"Banyak sekali kunjungan kerja saya kelapangan, baik kepala desa, maupun tokoh masyarakat, mintak dibangunkan pustu, karena jarak tempuh dari desa mereka sangat jauh sekali. Bilamana nanti ada pustu, syukur Alhamdulillah untuk membantu. Program kita kedepan, pustulah. Setiap desa itu harus ada, minimal satu,"ucapnya.

Bupati Suyatno mengakui juga untuk rumah sakit umum saja, masih banyak yang harus dibenahi, terutama fasilitas, dan sudah diperintahkan kepada Kepala Bappeda H M Job Kurniawan, AP MSi dan Plt Sekda Drs. H Surya Arfan MSi untuk segera melengkapinya.

Untuk rumah sakit baru yang sedang dibangun di Batu Enam, Bupati Suyatno menyebut tinggal pembenahan akses jalan, dalam waktu dekat akan ditempati. ia berharap RS ini kelak akan menjadi RS yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas medis dan bisa melayani masyarakat dengan berbagai macam penyakit,"harapnya mengakhiri.***Zi


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER