Kanal

Pj Bupati Meranti Ajak Warga Bahu Membahu Padamkan Api

PELITARIAU, Selatpanjang- Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Meranti H Edy Kusdarwanto, pada  Selasa siang (13/10) meninjau kebakaran yang berada di Desa Bandul Kecamatan Tasik Putri Puyu. sampai saat ini, kebakaran semakin meluas bahkan hanya tinggal beberapa meter saja dari pemukiman masyarakat.

Hal itu diikarenakan masalah air dan peralatan yang tidak memadai turut mempersulit untuk pemadaman kebakaran yang ada dilokasi tersebut. Bahkan untuk titik api di Desa Bandul Kecamatan Putri Puyu sendiri sangat mudah untuk ditemukan.

Dalam peninjauannya kali ini,  Pj Bupati Kepulauan Meranti didampingi Camat Tasik Putri Puyu Fahrurozi dan pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Kodim 0303 yang dikomandoi Kapt S Sinaga dan Letn Erwan dari Marinir.

Dalam kunjungannya itu, Pj Bupati Kepulauan Meranti mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat agar ikut serta dalam menjaga hutan dan lahan, agar tidak ada lagi kejadian seperti ini. "Mari kita bersama-sama membantu memadamkan api karena tanpa kerjasama pemadaman api sulit dilakukan," ajaknya.

Kebakaran kali ini telah menghanguskan sekitar 300 Ha lahan sagu serta karet dan juga telah menembus 3 jalan desa, Informasi tersebut didapat dari data dilapangan. Maka dari itu, aparat TNI bersama masyarakat terus berjaga antara siang dan malam diarea yang terbakar untuk mengantisipasi api merembet kelahan lainnya.

Saat melihat Kondisi dilapangan, Pj Bupati  langsung berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, untuk menginventarisir penyusun rencana aksi cepat, "Data ini akan saya laporkan kepada Gubernur untuk segera melaksanakan aksi
cepat pemadaman api," jelasnya.

Ia juga mengharapkan dengan data kongkrit yang didapat dilapangan yang didukung peralatan memadai akan mempercepat pemadaman api di Desa Bandul. "Saya akan meminta kepada Gubernur bantuan alat dan lainnya untuk melakukan pemadaman secara sporadis," paparnya termasuk menurunkan Helicopter untuk melakukan Bom Air.

Terbukti setelah Pj Bupati H Edy Kusdarwanto berkoordinasi dengan Kepala BPBD Riau Edward Sanger,  pihak BPBD Riau langsung menurunkan Helycopter untuk melakukan Bom Air dititik-titik kebakaran. Hasilnya beberapa titik arurat kebakaran berhasil dipadamkan.***wr


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER