Kanal

Prihatin Abrasi Mahasiswa IPMK2M Meranti Tanam Mangrove

PELITARIAU, Selatpanjang –  Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Mahasiswa Kabupaten Kepulauan Meranti (IPMK2M) menggelar penanaman mangrove di pesisir pantai Pulau Merbau, Senin (5/10) waktu lalu. Kegiatan itu dikarena prihatin terhadap ancaman abrasi di pulau-pulau terluar di Kepulauan Meranti.

Dalam  penanaman mangrove itu IPMK2M bekerja sama dengan KNPI dan Pemuda Pancasila (PP) Kepulauan Meranti, serta dihadiri  Camat Pulau Merbau Edi M Nur, Kapolsek Pulau Merbau, Sekretaris Dinas Kehutanan dan Perkebunan serta Kepala Desa Centai Abdul Latif.

Syahren, Ketua Pelaksana Kegiatan mengatakan, kalau dalam kegiatan  Tema yang diusung itu adalah kita dan untuk kita, puluhan mahasiswa yang rata-rata sedang menempuh pendidikan di Pekanbaru tersebut masuk ke dalam lumpur dan satu per satu menanam bibit pohon mangrove di pantai Desa Centai.

“Kegiatan ini yang kedua kalinya. Sebelumnya kami melakukan penanaman bibit mangrove di Teluk Belitung Kecamatan Merbau,” ungkap Syahren.

Ketua Umum IPMK2M, Azman mengatakan dalam penanaman ini nantinya bisa mengurangi abrasi di Meranti, "Kita mengharapkan dengan penanaman mangrove ini bisa mengurangi ancaman abrasi. Kami ingin seluruh komponen bekerja sama mengatasi masalah abrasi ini mulai pemerintah sampai masyarakat. Kalau tidak kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi? Kita tidak mungkin menunggu orang lain memperbaiki abrasi di daerah kita ini,” jelasnya.

Ditempat yang sama pula, Camat Pulau Merbau Edi M Nur mengapresiasi kegiatan yang dilakukan mahasiswa, serta iapun mendukung penuh kegiatan tersebut dan menganggap apa yag dilakukan mahasiswa sangat positif dan bermanfaat bagi wilayah yang terkena imbas abrasi itu.

“Kita sangat bangga dengan kepengurusan IPMK2M  karena telah giat dan gigih ikut mengatasi masalah abrasi ini. Bentuk kepedulian mahasiswa seperti inilah yang diharapkan untuk membangun daerah ini,” jelas Camat Pulau Merbau.***wr
 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER