Kanal

Pj Bupati Inhu Membuka Pencanangan Bakti Sosial TNI KB Kesehatan

PELITARIAU, Rengat- Penjabat (Pj) Bupati Indragiri hulu (Inhu) H Kasiarudin SH hadir sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan Pencanangan Bakti Sosial Tentara Nasional Indonesia (TNI) Keluarga Berencana (KB) Kesehatan Kab. Inhu Tahun 2015, di areal PT Rigunas Agri Utama Desa Semelinang Tebing Kec. Peranap, Selasa (22/9).

Pelaksanaan acara ini sendiri merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI yang bekerja sama Pemkab Inhu dan pihak swasta dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program Keluarga Berencana (KB).

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Inhu H Suhardi SE MSi, Kepala Badan BP3AKB Inhu Ir Fenni Darius, Kepala Bagian Humas Setda Inhu Jawalter MPd, anggota DPRD Inhu, perwakilan BKKBN Prov. Riau, Kasdim 0302 Inhu Mayor Sukri Kav Hendri, Perwakilan Polres Inhu,  para camat serta tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana Pasiter Kodim 0302 Inhu Kapten Inf. P.T Situmorang menyampaikan bahwa sebagai  agenda utama dalam kegiatan bakti sosial ini adalah pelayanan KB, dengan diikuti sebanyak 107 Akseptor KB yang terbagi 27 peserta KB IUD dan 80 KB Implant yang bersifat KB jangka panjang.

Camat Peranap Azwarno, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada semua pihak khususnya Pemkab Inhu dan TNI serta PT Rigunas Agri Utama yang telah menyelenggarakan kegiatan bhakti sosial ini. Diharapkan melalui kegiatan ini apa yang menjadi tujuan utama yaitu peserta KB Baru bertambah sesuai  dengan yang sudah ditargetkan.

Dalam sambutannya, Dandim 0302 Inhu yang diwakili Kasdim Mayor Kav Sukri Hendri SKom menjelaskan bahwa acara bhakti sosial ini merupakan bentuk kepedulian TNI dan Pemerintah kepada  masyarakat untuk mewujudkan kesehatan di wilayah Kabupaten Indragiri Hulu.

Sesuai dengan Temanya “Melalui kerjasama kemitraan BKKBN dengan TNI kita tingkatkan penguatan dan percepatan pencapaian sasaran program kependudukan keluaraga berencana dan pembangunan keluarga RPJM 2015 – 2019”.

Dalam peningkatan kemajuan pembangunan, manfaat dari KB Kesehatan memiliki peran penting demi mewujudkan hal tersebut. Maka dari itu, dalam kesempatannya, ia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Inhu yang memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaan program-program terkait dengan Keluarga Berencana.

Sementara itu, Pj Bupati Inhu H Kasiarudin SH mengungkapkan pelaksanaan Bakti Sosial KB Kesehatan ini, merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan bakti sosial IBI KB Kesehatan lalu, yang dilaksanakan dalam rangka mengawal 1000 hari pertama pemberian asupan gizi bagi para bayi mulai dari dalam kandungan.

Maka dari itu, dalam kesempatan tersebut Pj Bupati menyampaikan terima kasih serta apresiasinya  kepada semua pihak terkait, baik dari Kodim 0302 Inhu, Dinas Kesehatan dan BP3AKB Inhu atas peran sertanya dalam memberikan pelayanan, penyediaan berbagai sarana pendukung serta yang paling utama yaitu menggerakkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Keluarga Berencana.

Dengan kerjasama ini, diharapkan akan mampu meningkatkan jumlah akseptor KB khususnya di Inhu, sehingga dari data terkait prevalensi peserta KB aktif yang sebelumnya mencapai 64,5% nantinya akan lebih meningkat lagi. Selain itu, kontrak kerja dari perwakilan BKKBN Prov Riau tentang pencapaian akseptor KB baru yang berjumlah 15.831 akseptor, diharapkan pada tahun ini dapat dicapai.***Rd


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER