Kanal

LPM dan Kaur Dibekali Pengetahuan Tentang Pembangunan Desa

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Plt Sekda Drs H Surya Arfan Msi secara resmi membuka Orientasi Penguatan Kelembagaan Desa dan Perencanaan Pembangunan Desa se-Rokan Hilir bertempat di Gedung Serbaguna Bagansiapiapi Senin (14/9).

Orientasi Kelembagaan Desa dan Perencanaan Pembangunan Desa ini diikuti 371 peserta  yang terdiri dari Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) 193 orang dan Kaur Pembangunan Kepenghuluan, 178 orang. Sementara narasumber dari Direktur IPDN Kampus Riau di Rokan Hilir, Prof Dr Muh Ilham MSi.

Plt Sekda Surya Arfan menyatakan, Orentasi Kelembagaan Desa dan Perencanaan Pembangunan Desa ini dalam rangka memberikan ilmu pengetahuan serta pengayaan bagai mana tata cara menyusub suatu perencanaan .

"Sebab dalam membangun, tanpa dilakukan perencanaan yang baik itu tidak akan menghasilkan pembangunan yang baik,inilah yang kita harapkan kepada LPM dan kasi pembangunan di kepenghuluan sebagai orang yang bertanggung jawab di Kepenghuluan.Oleh karena itu kita perlu membekali mereka," katanya.

Menurut mantan Kadisdik Rokan Hilir ini, hingga saat ini Ketua LPM di Rohil sebanyak 80 persen masih muda dan sudah tamat SLTA, namun ketika tahun 2000-2006, tua-tua dan kebanyakan tidak tamat SD.

"Sehingga, dengan peningkatan sumber daya itu, ditambah orientasi, kualitas sumber daya aparatur desa akan lebih baik, terutama dalam merencanakan pembangunan desa, baik jangka menengah maupun setiap tahunnya,"terangnya kepada sejumlah media usai membuka acara ini.

Dikatakan sekda, bahwa pemerintah Kepenghuluan ( Desa-Red )sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Kabupaten,lebih mengetahui apa saja kebutuhan masyarakat terhadap pasilitas yang akan dibangun.Tentu hal ini perlu perencanaan yang sangat matang.Dalam hal ini H surya Arfan minta kepada peserta untuk mengikuti orientasi tersebut secara resmi dan ia minta bagi yang tidak mnengerti supaya dapat ditanyakan kepada nara sumber yang telah diberikan ,"pintanya.

Kepala Bagian ( Kabag ) Pemerintahan Desa H Jasrianto S Sos melaporkan, LPM dibentuk masyarakat, menjadi mitra pemerintah, memerlukan sumber daya aparatur dalam merencanakan pembangunan, baik jangka menengah RPJM, 6 tahun dan Rencana Kerja Kepenghuluan 1 tahun.

H Jasrianto berharap orientasi yang dilaksanakan bisa bermanfaat dalam memberikan edukasi dan pemahaman kepada aparatur dalam merencanakan pembangunan,sehingga bisa tertib administrasi kepenghuluan untuk jangka waktu 6 tahun. Acara tersebut terlihat turut dihadiri selain narasumber Diretkur IPDN Kampus Riau di Rokan Hilir, Prof Dr Muh Ilham MSi, Dosen IPDN Ardiansyah , Asisten I, dinas/badan/kantor dan juga terlihat siswa IPDN kampus Rohil. Sementara waktu pelaksanaan mulai tanggal 13-15 September 2015.***Zi


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER