Kanal

Sambut Muharram, Ini Rencana Tiga Lurah Selatpanjang

PELITARIAU, Meranti - Tanggal 1 Muharram adalah hari Tahun Baru dalam agama Islam, Muharam adalah bulan pertama dalam penanggalan Hijriyah, Muharram berasal dari kata yang artinya diharamkan atau dipantang yaitu dilarang melakukan peperangan atau pertumpahan darah.

 

Muharram adalah bulan di mana umat Islam mengawali tahun kalender Hijriah berdasarkan peredaran bulan. Muharram menjadi salah satu dari empat bulan suci yang tersebut dalam Al-Quran. Jumlah bulan menurut Allah adalah dua belas bulan, tersebut dalam Kitab Allah pada hari Dia menciptakan langit dan bumi. Di antara kedua belas bulan itu ada empat bulan yang disucikan.

 

Keempat bulan itu adalah, Zulqaidah, Zulhijjah, Muharram dan Rajab. Semua ahli tafsir Al-Quran sepakat dengan hal ini karena Rasululullah Saw dalam haji kesempatan haji terakhirnya mendeklarasikan, Satu tahun terdiri dari dua belas bulan, empat di antaranya adalah bulan suci. Tiga di antaranya berurutan yaitu Zulqaidah, Zulhijjah, Muharram dan ke empat adalah bulan Rajab.

 

Untuk itu tiga orang Pemimpin Kelurahan Kecamatan Tebingtinggi Kabupaten Kepulauan Meranti, menyambut bulan Muharram mereka merencanakan akan membuat suatu kegiatan dan perlobaan, acara yang akan dilaksanakan oleh Lurah Selatpanjang Selatan adalah pelatihan Guru mengaji tradisional.

 

Pelatihan Guru mengaji tradisional itu, tidak semuanya guru bisa mengikutinya, namun hanya guru-guru yang belum pernah mengikuti pelatihan, guru yang memiliki banyak anak didik untuk diajarkan mengaji, maka merakalah yang lebih layak untuk mendapatkan pelatihan tersebut.

 

Sedangkan yang telah pernah mengikuti pelatihan tidak akan di ikutkan lagi, di lain waktu mereka baru bisa mengikutinya kembali. Guru yang akan di ambil itu terdiri dari beberapa desa dan kelurahan Kecamatan Tebingtinggi.

 

Hal itu di sampaikan oleh Lurah Selatpanjang Selatan Kabupaten Kepulauan Meranti H A Karim Z SH kepada pelitariau.com saat berbincang di Jalan Dorak Selatpanjang Timur usai melaksanakan olahraga bersama di Kantor Bupati Kepulauan Meranti. Pada hari kamis (10/09/2015).

 

Menurutnya, tidak hanya kegiatan pelatihan guru mengaji tradisional saja dilaksanakan. Namun ada juga beberapa acara perlombaan menghafal Jus Amma untuk anak-anak murid Sekolah Dasar (SD) yang ada di Selatpanjang.

 

"Rencana untuk pembuatan acara itu memang sudah ada. Namun, tanggal waktu dan tempat belum di tentukan, sebab ini dalam perencanaan. Tapi yang pasti acar akan digelar menyambut bulan Muharram,"kata H Karim kepada pelitariau.com.

 

Perlombaan menghafal Jus Amma itu, Lanjut H Karim, kita juga akan laksanakan semaksimal mungkin dengan beberapa team lain, dalam perlombaan menghafal Jus Amma itu, kita akan memberikan hadiah kepada pemenang yang memiliki ketajaman untuk menghafal ayat suci Allah. Selain itu, acara seperti ini juga bertujuan untuk mendidik anak-anak yang masih duduk di bangku kelas dasar,"ungkap H Karim.

 

Sementara itu, Lurah Selatpanjang Kota Sofian menambahkan, dirinya juga memiliki kegiatan yang sama. Acara yang akan digagas oleh Sofian itu adalah perlombaan Dai Cilik, yang digabung bersama kegiatan H A Karim.

 

"Saya juga akan membuat acara yang untuk menyambut bulan Muharram, namun sedikit berbeda dari beliau. Ya perbedaannya adalah, saya membuat perlombaan Dai Cilik yang digabung dengan acara bapak H Karim dengan tanggal yang berbeda,"sebut Sofian.

 

Kita juga akan memberikan hadiah kepada Dai-dai yang menjadi pemenang, mungkin hadiahnya tidaklah besar, tapi pelajarannya untuk didikan kepada anak-anak kita. Karena itu yang utama sebagai bentuk penyemangat,"imbuh Sofian lagi.

 

Sedangkan Lurah Selatpanjang Timur Afifuddin SE mengungkapkan, dirinya akan membuat acara terpisah dengan kedua Kelurahan dan tidak menggabungkanya. Afiffuddin merencanakan membuat perlombaan Pidato Drama Agama menyambut Muharram.

 

Afifuddin juga tidak mengatakan tanggal berapa akan digelar acar perlombaan yang begitu menggiurkan itu, namun dalam waktu dekat ini kegiatan yang direncana itu harus sudah terlaksana.

 

Lomba lomba pidato drama agama itu bisa di ikuti oleh siapa saja, karena tidak ada batasan umur yang ingin mengikutinya. Mungkin akan dibagi beberapa katagori yang sesuai dengan ke ahlian dari masing-masing perserta.

 

"saya akan menggelar acara itu terpisah dengan bapak H Karim juga Sofian, saya akan melaksakannya di Kelurahan Selatpanjang Timur ini saja. Oh, untuk yang mengikuti perlombaan ini tidak memiliki batasan, semua bisa mengikutinya, kareana ini menyambut bulan Muharram juga,"terang Afifuddin.***dni


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER