Kanal

LAM Riau Kabupaten Inhu Tepung Tawar Penjabat Bupati Inhu dan Istri

PELITARIAU, Rengat- Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menggelar prosesi tepuk tepung tawar kepada Penjabat Bupati Inhu H Kasiarudin dan istri Hj Bary Agustini Said, Selasa (8/9) di Kantor LAM Riau Kabupaten Inhu, Jalan Gerbangsari, Pematangreba. Prosesi tepuk tepung tawar ini merupakan wujud restu dan doa agar Penjabat Bupati Inhu H Kasiarudin dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik.

Turut hadir pada pelaksanaan prosesi tepuk tepung tawar tersebut, anggota DPRD Inhu Encik Afrizal, anggota Forkopimda, pejabat dilingkungan Pemkab Inhu, Ketua KPU Inhu Muhammad Amin, Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau Kabupaten Inhu H Bahtaram, Ketua Dewan Pengurus Harian (DPH) LAM Riau Kabupaten Inhu H Zulkifli Gani serta para pengurus LAM Riau Kabupaten Inhu, tokoh adat dan tokoh agama.

Prosesi tepuk tepung tawar yang diberikan kepada Penjabat Bupati Inhu H Kasiarudin dan istri dilakukan secara bergilirian oleh Ketua MKA LAM Riau Kabupaten Inhu, Ketua DPH LAM Riau Kabupaten Inhu serta para tetua adat dan pejabat yang hadir.

Dalam sambutannya, Ketua DPH LAMR Inhu H Zulkifli Gani mengungkapkan bahwa prosesi tepuk tepung tawar ini merupakan wujud pelestarian budaya dan adat melayu yang sampai saat ini masih terpelihara. Dengan pelaksanaan tepung tawar ini, ia berharap Penjabat Bupati Inhu dapat melaksanakan tugas yang sudah diamanahkan hingga terpilihnya Bupati Inhu defenitif hasil Pilkada 9 Desember 2015 mendatang.

Selain itu, H Zulkifli Gani juga mendoakan agar pelaksanaan Pilkada serentak tanggal 9 Desember 2015 mendatang dapat berjalan lancar, aman, tertib dan sukses dengan menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan diantara masyarakat Inhu yang majemuk.

Ketua DPRD Inhu yang diwakili anggota DPRD Inhu, Encik Afrizal menyambut baik pelaksanaan kegiatan tepuk tepung tawar ini. Ia menjadi wujud positif dalam memelihara dan melestarikan budaya melayu. Ia juga mengajak kepada semua pihak untuk dapat bekerjasama demi mendukung kinerja  Penjabat Bupati Inhu H Kasiarudin selama berada di Inhu dalam menjalankan tugasnya serta tanggung jawabnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Inhu H Kasiarudin mengaku  sangat terharu dengan pemberian tepuk tepung tawar yang dilakukan oleh LAM Riau Kabupaten Inhu. Ia juga menyampaikan terimakasih atas restu yang diberikan kepadanya.  Sejatinya, pemberian tepung tawar ini merupakan doa, bukan hanya untuk dirinya pribadi, melainkan juga untuk seluruh masyarakat Inhu di tengah kondisi yang masih diselimuti kabut asap.

Diungkapkan Penjabat Bupati Inhu, LAM Riau yang dibentuk berdasarkan Perda Provinsi Riau Nomor 1 tahun 2012 berfungsi sebagai mitra pemerintah untuk mendukung visi dan misi Provinsi Riau sebagai pusat perekonomian dan kebudayaan melayu, dalam lingkungan masyarakat yang agamis, sejahtera lahir dan bathin di Asia tenggara tahun 2020.

Keberadaan LAM Riau juga bertujuan untuk menggali, membina, memelihara dan mengembangkan nilai-nilai sosial budaya melayu sebagai landasan untuk memperkuat dan memperkokoh jati diri Riau serta menyaring masuknya nilai-nilai buruk budaya luar. LAM Riau Kabupaten Inhu juga diharapkan mampu menjadi payung serta mengayomi masyarakat dengan keterbukaan dan egaliter melayu yang beradap.

Sejalan kondisi tersebut, pemerintah melalui Undang-undang Nomor 6 tahun 2015 tentang desa telah mengakomodir keberadaan desa adat. Karena itu, Penjabat Bupati Inhu H Kasiarudin berharap LAM Riau Kabupaten Inhu  bersama pemerintah daerah dapat melakukan inventarisasi desa-desa yang dapat diusulkan sebagai desa adat. Sehingga tatanan sosial dan adat istiadat yang berlaku di desa tersebut dapat tetap terjaga dalam bingkai kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam kesempatan itu, Ketua MKA LAM Riau Kabupaten Inhu H Bahtaram menyerahkan kumpulan petuah amanah adat Melayu kepada Penjabat Bupati Inhu H Kasiarudin. Diharapkan, konsep petuah amanah tersebut dapat menjadi pegangan serta pedoman selama menjalankan tugas di Kabupaten Indragiri Hulu.***Rd
 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER