Kanal

Pemkab Masukan Anggaran Pembangunan Sumur Bor Rutan Rohil

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Bupati Rokan Hilir H Suyatno menyampaikan rasa keprihatinanya terhadap kondisi Rumah Tahanan ( Rutan-red ) CabangnBagansiapiapi kabupaten Rokan Hilir. Sebab rutan yang hanya berkapasitas 98 orang diisi 736 orang, sementara sarana air bersih tidak tersedia.

"Saya pernah datang meninjau ke rutan ini pada bulan puasa lalu, masyarakat binaan dirutan ini ternyata sudah dua hingga tiga hari tidak mandi, kalaupun mandi hanya terpaksa disiram dengan air Aqua. Ini akibat tidak adanya ketersediaan air bersih. Maka tahun ini kita menganggarkan bantuan dana melalui anggaran APBD-Perubahan, insya allah tahun ini kita bangunkan,"kata H Suyatno.

 

Keprihatianan Bupati Rokan Hilir ini cukuf beralasan akibat banyaknya penghuni yang dibina di Rutan Cabang Bagansiapiapi itu. Menurut H Suyatno mereka yang mendapat pembinaan adalah warga Rokan Hilir yang harus mendapatkan hak yang sama dari pemerintah, bahkan H Suyatno mengistilahkan bahwa Rutan Bagansiapiapi yang ber empat lantai dengan penghuni yang paling banyak se-Indonesia dengan kapasitas hanya 98 orang adanya didaerah Rokan Hilir inilah ditempat kita ini,"katanya.

H Suyatno mengaku tidak membedakan warganya baik yang berada diluar maupun didalam rutan Bagansiapiapi, malahan ia mengaku sering berkomunikasi dengan kalapas untuk membina mereka dengan baik selama menjalani masa tahanan di rutan Bagansiapiapi.

"Seperti contoh, mereka yang tidak tau mengaji sudah pandai mengaji,yang tidak pandai keterampilan, ditunjuk ajar jadi pandai dia, ini salah satu aset kita, saudara-saudara kita sebelumnya mereka khilap hingga pada akhirnya harus mendapat pembinaan dilapas ini,"katanya.

Ditambahkan H Suyatno ,terkait pembangunan kalapas yang baru merupakan program dari pemerintah pusat dari Menkum Ham,Pemerintah Rokan Hilir telah menyediakan lahan. H Suyatno mengaku bahwa dirinya sudah berkoordinasi dengan Suparman Kalapas Rutan Cabang Bagansiapiapi untuk membuat suatu perencanaan yang bagus dalam penataan agar rutan yang dibangun ada kenyamanan bagi penghuninya.

"Rencana pembangunan rutan yang baru itu nanti disitu ada kolam ikannya, ada kebunya, ya mungkin ada semacam tempat workshopnya, termasuk gedung balai pertemuanya, jadi warga binaan ini, tidak hanya menghuni akan tetapi mereka bisa menampilkan keterampilan-keterampilan, mereka yang dimiliki, kan banyak contohnya ada yang ahli melukis, memangkas rambut, membuat jaring ikan, lain sebagainya," ujar H Suyatno.***(Adv/Humas/Zai)
 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER