Kanal

Karena Hamil, Jemaah Asal Simpang Kanan Batal Berangkat Haji

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Seorang Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Rokan Hilir asal Kecamatan Simpang Kanan batal berangkat. Hal ini disebabkan dalam keadaan hamil dibawah 7 bulan. Dengan demikian JCH tersebut batal diberangkatkan ke tanah suci.

"Jadi ada perubahan, jumlah awalnya sebanyak 311 JCH dan 4 orang diantaranya cadangan. Dari cadangan itu hanya 1 orang yang bisa berangkat dan dari data awal 308 karena ada yang hamil jumlahnya kini tinggal 307 orang," kata Bupati Rokan Hilir, H. Suyatno usai memimpin rapat persiapan keberangkatan JCH dilantai 4 kantor Bupati, Kamis.

Bupati sangat menyayangkan hal ini terjadi, namun semua sudah berlalu dan ia berharap kedepan hendaknya menjadi pembelajaran untuk para JCH lainnya.

"Niat sudah ada, namun ternyata dalam keadaan hamil dan itu kita tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Hendaknya kedepan bagi JCH yang positif berangkat agar kiranya memikirkan hal ini," pesan Bupati.

Dalam hasil rapat persiapan keberangkatan itu memutuskan bahwa rombongan JCH Rohil akan diberangkatkan pada tanggal 25 Agustus.

"JCH kita berangkat lewat Dumai menuju Pakning, Kabupaten Bengkalis. Kalau lewat jalan lintas Sumatera ada 9 titik macet karena sedang perbaikan jalan. Jadi kalau kita tunggu kemacetan itu akan memakan waktu sehingga jalan alternatif melalui Dumai dan berhenti Sholat Sei Pakning, Kecamatan Bukit Batu," jelas Suyatno.

Untuk jumlah Bus JCH Rohil, terang Bupati, Pemkab Rohil akan menyiapkan 10 unit diantaranya 6 unit Bus besar dan 4 unit Bus kecil serta 1 unit Bus cadangan. Untuk Bus cadangan itu nantinya digunakan apabila ada kerusakan ditengah jalan.

"Jadi, semua JCH sudah berkumpul di Ujung Tanjug Kecamatan Tanah Putih paling lama jam 9 pagi. Sementara berangkat dari Bagansiapiapi menuju Ujung Tanjung diharapkan pukul 7," bebernya.

Bupati julukan Negeri Seribu Kubah itu juga berpesan agar para JCH bisa berkumpul tepat waktu, sehingga nantinya pada saat masuk waktu Sholat Zuhur sudah berada di Sei Pakning. Selanjutnya untuk di Pekanbaru JCH akan menginap di Hotel Labersa, kemudian pada tanggal 26 Agustus dilanjutkan berangkat ke Embarkasi Batam.

"Ada 2 jadwal keberangkatan JCH ke Embarkasi Batam yaitu jam 12 dan jam 2 siang. Jadi waktunya menyesuaikan dan jangan sampai ada yang terlambat," pesan Bupati.

Ia juga mengharapkan kepada Pihak Kementerian Agama Rohil dan Bagian Bina Kesra untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, mulai dari keberangkatan dari tanah air hingga sampai di Batam.

"Makanan jangan lupan dipesan, dibeli di Dumai untuk makan siang saat berangkat. Kemudian sampai di Pekanbaru setiap kamar sudah ada makan malamnya. Selanjutnya di Batam juga demikian hingga JCH berangkat menuju Madinah," tegas Suyatno.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Rohil, H. Agustiar menjelaskan, saat ini JCH Rohil sudah positif berangkat pada Kelompok Terbang (Kloter) III Embarkasi Batam dan semua persiapan juga sudah dilakukan jelang keberangkatan.

"Semua sudah siap hanya tinggal waktu berangkat saja," katanya singkat.***Jar
 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER