Kanal

Sekda Rohil Resmikan Pugar Sekolah YPSB

PELITARIAU, Bagansiapiapi - Bangunan Purna Pugar Sekolah Yayasan Setia Budi (YPSB) Bagansiapiapi, Jumat (3/7) akhirpekan kemarin diresmikan, Pembangunan Pugar sekolah YPSB tersebut bersumber dari dana para donatur masyarakat Tionghoa Bagansiapiapi.

Persmian gedung Sekolah YPSB dilakukan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekdakab Rohil Drs H Surya Arfan MSi. Pembangunan Gedung Yayasan YPSB ini dikarenakan bangunan tua yang berdiri sejak tahun 1921 silam telah uzur.

Bangunan yang terbuat dari papan itu sudah banyak yang lapuk dan atapnya banyak yang bocor dimakan waktu. Demi untuk mengembangkan dunia pendidikan di Rohil khususnya masyrakat tionghoa, para alumni yang telah berhasil meraih kesuksesan diluar daerah menyumbangkan dana untuk memperbaiki sekolah tersebut.

Diawal acara Ketua panitia penbangunan sekolah Siswaja Muljadi alias Aseng mengatakan, dana yang terkumpul untuk pembangunan YPSB itu terkumpul sekitar Rp5 milyar. "Untuk pembangunan 23 ruang kelas belajar menghabiskan anggaran 4,5 Milyar, sedangkan anggaran yang tersisa Rp5 milyar dan dimanfaatkan untuk pembangunan fasilitas lainnya seperti memperbaiki ruangan majelis guru dan fasilitas lainnya," kata Aseng.

Anggota DPRD Propinsi Riau asal Rohil itu juga mengungkapkan, bangunan tua YPSB ini dilakukan pembongkaran sekitar tiga tahun yang lalu, yakni pada bulan Juni 2012. "Kita bersyukur saat ini bangunan bersejarah yang dahulunya dikenal dengan tempat persingahan warga Tionghoa itu telah berdiri kokoh. Untuk itu dengan bangunan yang sudah bagus ini, kita mengharapkan para guru dalam memberikan ilmu kepada siswa diharapkan kualitasnya juga harus meningkat," pinta Aseng.

Yayasan Perguruan Setia Budi ini lanjutnya, statusnya swasta dengan diwajibkan membayar SPP setiap bulannya sekitar Rp100 ribu hingga Rp125 ribu setiap bulannya. "Sekolah ini memang berbeda dengan sekolah negeri lainnya yang telah dibiayani oleh pemerintah." kata Plt Sekda.

Sementara Itu, sebelum gedung sekolahYPSB Rohil diresmikan, Plt Sekdakab Rohil Drs H Surya Arfan MSi memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para donatur yang berasal dari alumni YPSB Bagansiapiapi yang telah menyumbangkan dana untuk membangun Dunia pendidikan di Rohil. Ini tentunya suatu kebanggaan bagi pemerintah Kabupaten Rokan Hilir. Untuk itu kita juga mengajak warga tionghoa yan telah sukses diperantauan bersama-sama membangun kampung halaman bersama pemerintah daerah.

"Sesepuh Warga Tionghoa yang berasal dari YPSB ini patut dijadikan contoh. Pasalnya, dengan niat untuk mengembangkan pendidikan mereka mau menyumbangkan dana untuk membangun sekolah yang ada dikampung halamannya. Kalau hal ini dilakukan oleh warga Tionghoa yang telah sukses diperantauan, maka diyakini dunia pendidikan di Rohil semakin meningkat," pungkas Surya Arfan.*z*Jar


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER