Kanal

Bupati Suyatno Buka Malam Perayaan Bakar Tongkang

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Malam perayaan ritual Bakar Tongkang sepi pengunjung dibandingkan tahun sebelumnya. Acara malam pentas seni ini dibuka Bupati Rohil H Suyatno, di depan Klenteng Ing Hok Ing, Bagansiapiapi, Rabu (1/7), Malam.

Pada acara tersebut turut hadir Danrem 031/WB Brigjen TNI Nurendi MSi (Han), Ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan, Asisten III Sekdakab Rohil H. Ali Asfar, Dandenpom Letkol PM Wagiono, Kajari Bagansiapiapi M Zaenudin, Wakapolres Kompol Dani Ardiantara Sianipar, Anggota DPRD Riau Siswaja Muljadi, Kapolsek Bangko Kompol Nurhadi Ismanto, Tokoh Masyarakat Tionghoa Sugianto (Raja Baut).

Perayaan malam iven nasional tersebut juga dimeriahkan para artis asal Taiwan dan Malaysia. Namun, sayang perayaan malam itu tanpa dihadiri Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman, karena berhalangan hadir.

Dalam sambutanya, Bupati Suyatno, menyatakan permohonan maaf kepada masyarakat tionghua karena ketidakhadiran Plt Gubernur Riau pada malam perayaan ritual Bakar Tongkang.

"Pak Plt Gubri sebenarnya ingin hadir kebetulan beliau saat ini berada di Dumai. Tetapi yang pasti pukul 23.00 Wib malam ini beliau sudah tiba di Bagansiapiapi untuk menghadiri Acara Ritual Bakar Tongkang," sebut bupati.

Dikatakan, Ritual Bakar Tongkang di Bagansiapiapi yang rutin digelar setiap tahunnya, sudah menjadi iven Nasional. Dan, setiap tahunya wisatawan manca negara asal Inggris, Australia, Taiwan, Malaysia, Singapura, Jakarta, Medan, Surabaya dan  Pekanbaru hadir menyaksikan.

Lanjutnya, Kabupaten Rokan Hilir, memiliki beragam etnis mulai Suku Melayu, Jawa, Tionghoa, Minang dan Batak. Dan, semuanya saling menghormati serta kompak mengikuti setiap iven kegiatan yang dilaksanakan.

Masih katanya, Pemkab Rohil sendiri sudah berupaya mengundang Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bersama Menteri Pariwisata RI Arief Yahya untuk hadir pada iven Nasional Ritual Bakar Tongkang di Bagansiapiapi.

Namun, dikarenakan adanya tugas penting maka mereka berhalangan hadir. Dan, salah satunya diutus seperti dari Deputi  Kementerian Kelautan dan Perikanan RI ke Rohil. "Selain itu, kita juga mengundang Pak Kapolda Riau beserta jajarannya," ujarnya.***Jar


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER