Kanal

Pasangan Balon Bupati Inhu Belum Jelas Parpol Pengusung

PELITARIAU, Rengat - Bakal calon (Balon) Bupati dan Balon wakil Bupati dalam memperebutkan kursi nomor satu di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tahun 2015 belum ada kepastian. Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sudah tidak diperhitungkan lagi oleh Balon untuk mengusung, selanjutnya Partai Demokrasi Indonesia PDI-Perjuangan menjadi perebutan Tiga Balon Bupati.
 
Semula Bupati Incumbent Yopi Arianto SE yang diperkirakan terganjal maju dengan belum adanya Partai pengsusng yang memberikan rekomendasi dukungan kepadanya, kali ini Balon Bupati Harman Harmaini, Tengku Muktharrudin dan Tengku Razmara yang dibuat terkejut dengan deklarasi Ketua pengurus Partai Demokrat Arwan Citra Jaya ikut maju sebagai Balon Bupati berpasangan dengan Elda Suhanura.
 
Partai Demokrat Kabupaten Inhu semula membuka pendaftaran penjaringan Balon Bupati yang siap diusung Partai Demokrat untuk menghadapi pertarungan tahap pertama 28 Juli 2015 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) guna mendapatkan tiket untuk lolos sebagai Calon bupati (Cabup) dengan pasangan Cabup wakil bupati menhadapi pertarungan 9 Desember 2015 merebut simpati rakyat.
 
Pertarungan tahap pertama 28 Juli merpakan, pertarungan elit partai dalam menentukan peserta pasangan Cabup. Dari 5 Balon Bupati yang bertarung saat ini muncul petarung baru yaitu Arwan Citra jaya berpasangan dengan Elda Suhanura, nama pasangan tersebut sudah diusulkan pengurus Kabupaten Partai Demokrat Inhu ke pengrus Provinsi Partai Demokrat Riau.
 
Sekretaris Partai Demokrat Kabupaten Inhu Supri Handayani dikonfirmasi pelitariau.com mengatakan, dalam penjaringan Balon Bupati dan Balon wakil bupati ada 4 Balon Bupati yang mendaftar dengan mengisi formulir pendaftaran dan tiga Balon wakil bupati yang juga mengisi formulir pendaftaran serta memenuhi syarat yang sudah di buat oleh panitia pendaftaran penjaringan Balon Bupati dan Balon Wakil Bupati.
 
Sejak Senin (29/6) pertarungan elit partai menjelang Selasa (28/7) batas akhir penutupan pendaftaran di KPU masih tersisa 28 hari lagi, elit parpol akan bersepakat untuk membuat koalisi dalam mengusung pasangan balon Bupati sebab tidak ada satu parpolpun dari jumlah 12 Parpol peserta Pemilu legislatif yang memiliki 20 persen suara dari jumlah 40 jumlah kursi di DPRD Inhu. 
 
"Dari empat nama Balon Bupati kita ambil nama Arwan Citra Jaya yang juga ketua pengurus partai Demokrat Inhu yang diusulkan ke Demokrat Riau berpasangan dengan Elda Suhanura," jelas Supri Handayani.
 
Dikatakannya juga, Nama Arwan Citra jaya berpasangan dengan Elda Suhanura disepakati dengan mengelar rapat pleno pengurus Partai Demokrat Inhu. "Hari ini kita (Pengurus Partai demokrat Inhu,red) rapat pleno sampai ke pekanbaru, kita sudah mengusulkan satu pasang Balon Bupati atas nama Arwan Citra jaya berpasangan dengan Elda Suhanura," jelas Supri Handayani.
 
Pengurus Partai Demokrat Inhu Dinilai Tidak Benar
 
Koalisi Rakyat Indragiri Bersatu (KARIB) menilai, ada yang tidak benar di tubuh kepengurusan Partai Demokrat Kabupaten Inhu. Semula membuka pendaftaran dengan menerima Balon-balon Bupati diantaranya Tengku Muktharuddin berpasangan dengan Aminah, Tengku Razmar mendaftar tanpa wakil namun juga mendaftar sebagai wakil serta Harman Harmaini yang mendaftar sebagai Balon Bupati Harman Harmaini ke Partai Demokrat.
 
"Hasl konfirmasi kita ke Pengurus Partai Demokrat Riau, nama Harman Harmaini juga disampaikan, tapi mengapa Supri Handayani menjelaskan hanya nama sepasang yaitu Arwan Citra Jaya dengan Elda Suhanura ?," tanya Ketua KARIB Ali Fahmi yang juga tim Balon Bupati Harman Harmaini.
 
Ali Fahmi menjelaskan, kalau dari awal pengurus Partai Demokrat Inhu yang menjabat sebagai ketua pengurus di tingkat Kabupaten adalah Arwan Citra jaya menyatakan sikap untuk maju sebagai Balon Bupati Inhu, maka balon Bupati lain termasuk Pak harman Harmaini tidak akan ada Balon Bupati yang mendaftar sebab, jelas Pengurus Partai Demokrat Inhu tidak akan menyampaikan nama-nama Balon Bupati yang daftar ke Pengurus Demokrat Inhu   
    
Ini Nama Balon Bupati Dan Balon Wakil Inhu 2015
 
Sejak tiga bulan terakhir, eskalasi politik di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mulai memanas, Balon Bupati dan Wakil Bupati saling bermunculan, kemunculan Balon tersebut untuk mendapatkan dukungan Patai Politik diusung sebagai Cabup Inhu dan Cawabup.
 
Pada 28 Juni 2015 sesuai jadwa pelaksanaan Pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) batas akhir Parpol mendaftarkan nama Balon Bupati untuk ditetapkan sebagai pasangan Cabup. 
 
Nama Balon Bupati Inhu
Yopi Arianto, saat ini masih menjabat sebagai Bupati Inhu
Harman Harmaini, saat ini masih menjabat sebagai Wakil Bupati Inhu
Tengku Muktharrudin, saat ini masih menjabat sebagai Bupati Anambas-Kepri
Tengku Razmara, Mantan Sekda Inhu
Raja iskandar Rab, mantan Kepala dinas Koperasi Inhu
Arwan Citra Jaya, saat ini ketua pengurus Partai Demokrat Inhu
 
Nama Balon wakil Bupati Inhu
Aminah Susilo, maju bermasangan sebagai wakil Tengku Muktarrudin
Elda Suhanura, maju berpsangan dengan Arwan Citra jaya
Agus Sugiono, belum diketahui pasangan Bupatinya
Raja Irwan Toni, belum diketahui pasangan bupatinya
Firmansyah, Belum diketahui pasangannya.*

Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER