Kanal

Bupati Meranti Resmikan SPAM Kecamatan Rangsang

PELITARIAU, Selatpanjang- Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi kembali meresmikan fasilitas Publik di Kecamatan Rangsang, kali ini Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang berlokasi di Desa Wonosari, fasilitas ini diklaim mampu melayani kebutuhan air bersih untuk 2500 Saluran Rumah (SR) di 5 Desa yang ada disekitarnya, Senin (15/7).

Dengan dibangunya fasilitas masyarakat senilai 40 Miliar itu, Bupati Irwan berharap dapat memberikan manfaat pada masyarakat Kecamatan Rangsang, khususnya di Desa Wonosari, Citra Damai, Dwi Tunggal, Tanjung Samak serta Tanjung Bakau.

"Semoga semua fasilitas yang ada dapat bermanfaat oleh masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyaraat Rangsang," ucap Bupati.

Sekedarnya informasi, dengan beroperasinya SPAM di Kecamatan Rangsang, dapat menghemat pengeluaran masyarakat hingga 300 Ribu Rupiah, dengan estimasi kebutuhan air 20 galon perhari.

SPAM ini diklaim mampu memproduksi air bersih 30 Liter Per Detik, Selain itu untuk memberikan nilai tambah SPAM juga dibangun unit pengolahan air siap minum dalam kemasan.

Kedepan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Meranti akan terus membangun fasilitas yang sama diseluruh desa, untuk itu perlu perencanaan dan pengkajian dari Dinas Pekerjaan Umum sebagai dinas yang mengurus masalah pembangunan infrastruktur daerah.

"Saya harapkan PU terus melakukan perencanaan sehingga layanan air bersih dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Meranti," ujar Bupati.

Bupati juga menegaskan, kepada karyawan SPAM dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, terutama petugas yang bekerja di unit pengolahan air karena kelayakan air bersih untuk dikonsumsi masyarakat tergantung dari profesionalitas petugas mencampur bahan kimia.

"Kepada karyawan bekerjalah dengan baik, saat mencampurkan bahan kimia lakukan sesuai dengan aturan standard, agar air yang dianggap bersih itu bisa menjamin kesehatan masyarakat," tegasnya.

Sementara Camat Rangsang Mulyadi atas nama masyarakat mengucapkan terima kasih atas Peresmian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), yang memang sangat mengharapkan benar fasilitas air bersih tersebut.

Meski diakui SPAM yang ada belum bisa mengkover seluruh desa di Kecamatan Rangsang, kedepan ia berharap pembangunan infrastruktur khususnya SPAM dapat terus dilanjutkan.

"SPAM ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, jika sebelumnya masyarakat hanya memperoleh air bersih dari parit-parit yang ada kini dengan diresmikannya SPAM masyarakat dapat menikmati air yang benar-benar bersih," ucap Mulyadi.

Kadis PU Meranti, Ir Ardahani, menjelaskan fasilitas SPAM yang ada saat ini merupakan aset yang diserahkan oleh Kabupaten induk Bengkalis, dimana proses serah terima aset baru selesai  tahun 2013 lalu.

Setelah serah terima Pemkab. Meranti melakui Dinas PU langsung melakukan revitalisasi fasilitas PDAM, seperti perbaikan pipa instalasi, mesin genset dan lainnya.

Sejauh ini fasilitas SPAM baru dimanfaatkan oleh 490 SR, kedepan dikatakan Ardhanis akan ditingkatkan hingga 2500 SR. Untuk pengoperasian SPAM sendiri dibutuhkan dana sesat 240 juta perbulan.

Akhir kata, Bupati Irwan berharap, SPAM Kecamatan Rangsang dapat dikelola secara profesional sehingga mampu mandiri tanpa disubsidi Pemkab.

"Saya berharap kedepan SPAM dapat membiayai dirinya sendiri, karena masih banyak fasilitas publik yang lain yang juga dibutuhkan oleh masyarakat," pungkas Irwan.***Don
 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER