Kanal

Belum Tau Partai Pengusung, Balon Bupati Galau di Pemilukada Inhu

PELITARIAU, Rengat - Bakal calon (Balon) Bupati Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang akan bertarung pada 9 Desember 2015 mendatang belum ada yang mendapatkan rekomendasi pengusungan dari Partai politik (Parpol), Baik Balon Bupati maupun Balon wakil bupati mulai surut dalam melakukan sosialisasi.

Dilapangan, perbincangan Balon Bupati dan balon wakil Bupati saling klem mendapatkan dukungan Parpol, namun tidak ada kata sepakat dari Parpol untuk mengususng balon Bupati dan balon wakil bupati yang sudah bermunculan. Baik kesepakatan parpol ditingkat kepengurusan kabupaten, Provinsi maupun di tingkat pusat.

Incumbant misalnya Yopi Arianto dan juga Harman Harmaini yang sama-sama akan bertarung di Pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) serentak 9 desember mendatang belum mendapatkan perahu. Selanjutnya Balon Bupati lain yang muncul Tengku Muktharrudin (Bupati kabupaten Anambas,red) semula gencar sosialisasi saat ini kembali surut hal tersebut dikarenakan juga belum jelasnya Parpol pengusung.

Selanjutnya Raja Iskandarab (Pegawai Negeri Sipil, red) juga terlihat surut dalam sosialisasinya hal tersbut juga dikarenakan belum adanya Parpol yang jelas akan mengusungnya ikut bertarung di Pemilukada Inhu nanti.

Sedangkan Tengku Razmara (Mantan sekda Inhu,) Sejak awal muncul sebagai balon yang akan ikut meramaikan pesta demokrasi juga tidak nampak gerakan politiknya dilapangan.

Seperti yang di sampaikan Pemerhati Pemilukada Inhu juga dan juga Wartawan Senior yang bertugas melakukan peliputan berita di Kabupaten Inhu Drs Dasmun Ahmad berbincang dengan pelitariau.com Minggu (14/6) melihat, aktifitas sosialisasi para Balon Bupati dan balon Wakil Bupati di kabupaten Inhu adem ayem.

"Bisa jadi kalau mereka (balon Bupati dan balon wakilnya,red) belum dapat dukungan dari Parpol pengusung," ujar bapak yang akrab disapa Bang Dasmun.

Perkiraan Parpol Pengusung

Walaupun geliat perpolitikan balon Bupati di Kabupaten Inhu adem ayem, banyak pihak termasuk simpatisan melakukan peramalan dukungan yang akan di berikan oleh parpol yang ikut dalam Pemilukada serentak termasuk di Inhu.

Yopi Arianto di sebut-sebut mendapatkan dukungan dari Partai Golkar, Partai Kesejahtraan Sosial, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) serta Partai Kebangkitan bangsa (PKB).

Balon Bupati Harman Harmaini disebut-sebut mendapatkan dukungan dari Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan pembangunan (PPP), Partai Bulan Bintang (PBB).

Selanjutnya Balon Bupati Tengku Mukthar Ruddin juga disebut-sebut mendapatkan dukungan dari Partai hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Demokrasi Indonesia (PDI-Perjungan).

Sedangkan Balon Bupati Raja Iskandarab sama sekali tidak pernah disebut-sebut mendapatkan respon politik dari Parpol namun demikian Balon Bupati raja Iskandarab  adalah pilihan alternaif yang memiliki banyak dukungan.

Adapun Balon Bupati Tengku Razmara diperkirakan mendapatkan dukungan penuh dari Partai Nasdem.*red1         


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER