Kanal

Pemkab Rohil Sudah Salurkan 15 Ribu Batang Bibit Kelapa Sawit

PELITARIAU. Bagansiapiapi - Komoditas perkebunan rakyat khsusnya kelapa sawit sangat menjanjikan di Kabupaten Rokan hilir (Rohil), guna meningkatkan ekonomi masyarakat Rohil tahun 2015 ini, Pemkab Rohil kembali anggarkan bantuan untuk pembibitan pohon sawit.

Kepala Dinas Perkebunan Rohil, Syahril, Sabtu (24/1) akhir pekan kemarin mengatakan kalau programkan bantuan bibit pohon sawit. Pembagian sawit diprioritaskan bagi kelompok tani di kecamatan-kecamatan.

"Hingga akhir 2015 nantinya, pembagian sudah tuntas seluruh kecamatan. Pembagian bibit sawitnya sesuai usulan dari poktan,"kata Syahril.

Menurutnya, bibit sawit berusia 1-2 tahun yang sebagian sudah dibagikan berjumlah 10 ribu batang. Bibit itu, katanya dibagian melalui pihak kepenghuluan, kecamatan dan kelompok tani.
 
"Tergantung permintaan jumlahnya, pokoknya kita siapkan sesuai usulan permintaan. Pembagianya juga menggunakan Sk bupati, agar aturan pembagianya menjadi jelas dan terarah," ungkapnya.
 
Saat ini katanya, bibit kelapa sawit yang telah dibagikan kepada masyarakat yang tergabung dalam Poktan sudah mencapai 15 ribuan batang, namun disbun sendiri memiliki 60 ribuan stok bibit. "Bibit yang sudah dibagikan di antaranya di kecamatan Pujud, Bangko Pusako dan Sinaboi, sedangkan Rantau Kopar menyusul," ungkapnya.
 
Masih katanya, jenis bibit sawit yang dibagikan tergolong yang sangat bagus, karena nantinya memiliki buah lebih bagus. "Jenis Marehat yang dibagikan, kalau jenis Dura pnya swasta tetapi kualitas sama," imbuhnya.*Adv/Jar


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER