Kanal

49 Orang CJH Kepulauan Meranti Ikuti Manasik Haji

PELITARIAU, Selatpanjang - Dalam rangka mempersiapkan Calon Jemaah Haji dalam menunaikan ibadah ke tanah suci Mekah, Pemerintah Kabupatn (Pemkab) Kepulauan Meranti menggelar bimbingan Manasik haji bagi 49 calon jemaah haji.

Manasik haji tersebut dibuka langsung oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi di Hotel Grand Meranti, Selatpanjang, Rabu (4/6) kemarin, turut hadir Ketua DPRD Meranti Fauzy Hasan SE, Kemenag Meranti, Kakanwil Kemenag Provinsi Riau, Ketua MUI, Ketua LAM, Tokoh Masyarakat, Kepala Dinas dan Badan, Kabag Kesra, Kabag Humas, dilingkungan Pemkab. Meranti.

Bupati Irwan berharap, melalui kegiatan yang dilaksanakan oleh Bagian Kesra Sekda Meranti bekerjasama dengan Kantor Kemenag Meranti tersebut, dapat membantu calon jemaah haji melaksanakan ibadah dengan lebih lancar, aman dan tenang.

"Situasi di tanah suci sangat berbeda, pemberian bekal ini sangat diperlukan karena kita bisa berbagi pengalaman dengan para haji senior, agar ibadah haji lancar, aman serta semua tahapan proses haji dapat dilaksankaan dengan baik dan benar," ujar Bupati.

Selain itu Bupati dikatakan Bupati, ditengah jutaan calon haji di tanah suci, seluruh jemaah haji dapat melaksanakan ibadah dengan aman dan lancar hingga kembali menjadi haji yang Mambrur, agar semua berjalan seperti harapan diperlukan kerjasama antar sesama jemaah haji Meranti, saling menjaga dan membantu satu sama lainnya.

"Harapan kita jangan sampai ada yang terlantar, sesama jemaah harus saling membantu satu dan lainnya, karena disana seringkali terjadi persaingan mendapatkan fasilitas, jadi mari bersabar karena manusia yang melaksanakan berjuta orang, dan jangan terlalu boros menggunakan uang," Saran Bupati.

Kepada jemaah Meranti yang 70 Persenya masih muda, Bupati Irwan menceritakan pengalamannya ketika melaksanakan ibadah haji, menurutnya masalah transportasi perlu menjadi perhatian.

"Hati-hati naik Taxy, bagi bapak-bapak tolong dijaga istrinya ketika naik dan turun Taxy, dan prosesi yang cukup berat saat berada di Mina dimana tenda sedikit tapi jemaah banyak, selain itu juga saat melempar jumroh," papar Irwan.***Hf


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER