Kanal

Para Alumni APDN Berkumpul di Bagansiapiapi

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Setelah puluhan tahun tak bertemu, para alumni Angkatan Praja Dalam Negeri Riau dari angkatan IX berkumpul di Kabupaten Rokan Hilir dan melepas rindu dengan sesama alumni yang berbeda angkatan di rumah kediaman  dinas Bupati Rokan Hilir, Bagansiapiapi, Sabtu (14/3). Sedangkan Suyatno sendiri adalah alumni APDN Riau ke-13.

Salah seorang alumni APDN Riau yang kini menjabat sebagai ketua Bappeda Kepri, Drs H Naharuddin MTP mengungkapkan, kedatangan mereka untuk bersilaturahmi dan meningkatkan persaudaraan sesama alumni.

Naharuddin mengatakan, sesama alumni telah menyebar dan bekerja pada jabatan yang ada di provinsi Riau dan ada juga yang berada diluar kepulauan Riau. Pertemuan ini merupakan ajang untuk sharing pemikiran serta pengalaman ditempat mereka bekerja. Dengan pemikiran ini diharapkan dapat disumbangkan kepada kabupaten Rokan Hilir.

Sewaktu kunjungan ke Rokan Hilir, para alumni APDN Riau berjumlah 21 orang dibawa berkeliling untuk melihat jembatan Pedamaran dan areal perkantoran dipinggiran sungai Rokan KM 6. Melihat perkembangan pesat pembangunan Rokan Hilir, Naharuddin mengaku sangat terkesan karena dia menilai, jembatan pedamaran berfungsi untuk menghubungkan antar pulau di Sumatera menuju ke jalan lintas sumatera utara.

Dia mengungkapkan dengan terbukanya akses jalan dan jembatan ini secara tidak langsung akan menambah jumlah arus barang dan orang yang berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat tempatan. Apalagi jarak tempuh Rohil ke Sumut bisa dipersingkat rentang waktunya sehingga akan mempermudah transportasi barang produksi.

Selama berada di Rokan Hilir, rombongan alumni APDN Riau sangat terkesan dengan pelayanan yang diberikan oleh tuan rumah. Mereka tidak menyangka, Suyatno yang mereka kenal dulu sangat ramah serta low profile.

''Suyatno sangat memasyarakat. Pertemuan kami seperti berjumpa antara abang dengan adik. Dia tidak menganggap kami sebagai pejabat yang berasal dari Kepulauan Riau. Kami sangat senang dan bahagia,'' ungkap Naharuddin.

Dikatakan Naharuddin, para alumni menyatukan diri dalam satu ikatan yang dinamakan Ikatan Kepamongprajaan. Dia sendiri merupakan ketua perguruan tinggi kepamong prajaan untuk Kepri. Selama ini mereka saling berkomunikasi baik melalui seluler maupun media sosial. Ikatan ini mempunyai prinsip senasib dan sepenanggungan. Sesama alumni saling membantu dan saling bertukar pikiran untuk kesuksesan dalam karir dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dimanapun para alumni bertugas.

Ikatan Alumni kepamongprajaan bersifat organisasi sosial. Mereka sering melakukan kegiatan rutin seperti seminar. Adapun pertemuan yang sering mereka lakukan adalah berdasarkan perwilayah. Jiwa korp para Alumni sangat kuat. ''Mengabdi untuk masyarakat adalah tekad kami para alumni APDN," kata Naharuddin.

Di tempat yang sama, Bupati Rokan Hilir Suyatno AMp mengungkapkan bahwa dirinya sangat bahagia apalagi kedatangan para alumni APDN Riau bertepatan pada ulang tahun Istrinya, H.Wan Mardiana Suyatno. Wanita penyabar yang rajin shalat dan mengaji itu, telah lama mendampingi Suyatno sejak dirinya masih menjabat sebagai Lurah Bagan Kota.

''Alhamdulillah para alumni mau menyempatkan diri datang ke Bagansiapiapi. Memang para alumni cukup kompak. Walaupun kami tidak berjumpa karena berbeda angkatan,'' kata Suyatno.

Suyatno mengatakan, pertemuan muhibah sangat berharga baik bagi dirinya, masyarakat serta teman yang ada di Rokan Hilir. Pada umumnya para alumni adalah pejabat di daerahnya masing masing. Sejak tamat tahun 1989, Suyatno mengaku tidak pernah bertemu dengan para alumni yang tamat tahun 1986.

Bupati mengatakan, yang datang berkunjung adalah seniornya. Banyak masukan yang terbaik diberikan kepadanya untuk kabupaten Rokan Hilir kedepan.*Adv/Jar


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER