Kanal

Erianda Hadiri Pelantik PPK Dan PPS se Rohil

PELITARIAU, Bagansiapiapi - Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Erianda SE menghadiri acara pelantikan PPK ( Panitia Pemilihan Kecamatan ) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) se Rohil. PPK Dan PPS dilantik secara resmi oleh Ketua KPU (Komisi Pemilihan Umum) Agus Salim, di GOR (Gedung Olahraga) Batu Enam Bagansiapiapi, Senin (18/5).

Pelantikan PPK dan PPS tersebut di hadiri KPU Provinsi Riau, Wakil Bupati Erianda SE, Plt Sekdakab Drs H Surya Arfan MSi, Ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan, Wakil Ketua DPRD Abdul Kosim, Wakapolres. Kepala/Badan, Camat, beserta datuk penghulu.

Ketua KPU Rohil Agus Salim kepada pelitariau.com , Senin (18/5) mengatakan, Iya saat ini kita telah melantik PPK dan PPS se Rohil, yang di laksanakan di GOR, Batu enam, Bagansiapiapi.

"Sebanyak  75 PPK dan 537 PPS akan menjalankan tugas serta kewajiban dari perpanjangan tanggan KPU Kabupaten Rohil. selama 8 bulan nanti PPK dan PPS ini sudah mulai bekerja, sesuai dengan UU Pilkada.

Anggota PPK dan PPS yang dilantik merupakan orang-orang yang lulus seleksi. Dalam satu bulan belakangan ini, KPU melakukan tahap perekrutan personil badan penyelenggara, melalui beberapa proses seleksi. Mulai dari seleksi administrasi hingga test wawancara yang digelar di kantor camat masing-masing.

Dijelaskannya, jumlah anggota PPK yang akan dikukuhkan mencapai 75 orang, dengan perincian satu kecamatan lima orang dikali 15 kecamatan yang ada. Sedang personil PPS mencapai 537, dengan perhitungan setiap desa diisi oleh tiga personil dikalikan 179 desa dan kelurahan yang ada.

"Setelah dilantik melalui Surat Keputusan (SK) KPU, mereka sah sebagai badan penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Rohil. Tentunya sesuai dengan aturan kerja baik hak maupun kewajibannya," jelasnya.

Sementara itu, Wabup Erianda SE menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Rohil mengucapkan selamat kepada PPK dan PPS yang baru dilantik. Kita harapkan kepada PPK dan PPS yang baru dilantik jangan ada berpihak kepada calon kandidat Bupati dan Wakil Bupati, PPK dan PPS ini harus netral dalam pelaksanaan Pilkada Desember 2015 mendatang.

Netral, ucap Erianda, Bagaimana sewaktu PPK dan PPS disaat pengambilan sumpah dan janji, tentunya mereka mengucapkan demi Allah, Sambung Erianda lagi, saya tidak berani, kalau sudah mengambil sumpah kita melangar sumpah janji dengan mengucapkan nama Allah," kata wabup sambil bercanda kepada awak media.

"Mudah mudahan, kepada PPK dan PPS dapat menjalankan amanah yang diberikan, sesuai dengan pokok dan tugas dalam penyelengaraan Pilkada serentak mendatang." pungkasnya***RDY


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER