Kanal

Mahasiswa Fakultas Farmasi UMRI Gelar Sosialisasi Bahaya Narkoba

PELITARIAU, Pekanbaru - Sosialisasi dengan tema "Tanggap Mencegah Narkoba Sejak Dini" dilakukan oleh kelompok II mahasiswa kelas 2c Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Pekanbaru. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SMPIT Al-Hikmah Yayasan Pendidikan Islam Khaliqa, kota Pekanbaru.

Kegiatan sosialisasi bahaya narkoba dilakukan mahasiswa UMRI tersebut, dalam rangka menuntaskan tugas mata kuliah Kewarganegaraan dengan dosen pembimbing Ilham Hudi SPd MPd.

"Berbagai bahaya dan dampak narkoba, serta mengapa pencegahan itu penting dilakukan sejak dini. Mahasiswa juga menekankan pentingnya peran keluarga dan masyarakat dalam pencegahan narkoba," kata Ilham Hudi.

Kelompok II mahasiswa kelas 2c Fakultas Farmasi UMRI yang hadir melakukan kegiatan sosialisasi adalah, Nadia restu Utami, Nurpadila, Yolipia Amanda, Verti Nofita Sari, Sartika Agus Rianti, Nova Fitria Maharani.

"Bahaya dan dampak yang terkait dengan penyalahgunaan narkoba bagi manusia ialah, kesehatan fisik,  kesehatan mental, ketergantungan dan penyalahgunaan serta gangguan sosial dan kriminalis,” ujar pemateri dari mahasiswa Yolipia Amanda.

Selanjutnya, untuk meningkatkan semangat dan partisipasi, anggota kelompok mengadakan kuis singkat dengan hadiah menarik bagi yang menjawab pertanyaan dengan benar. Kuis ini memberikan cara interaktif untuk menilai pemahaman siswa dan siswi terhadap materi yang disampaikan dan memastikan pesan yang disampaikan pemateri benar-benar terserap.

Selain itu, mahasiswa pemateri mengajak dan memberikan kesempatan kepada siswa dan siswi untuk mengajukan pertanyaan, agar dapat melihat sudah sejauh mana pemahaman dan wawasan siswa dan siswi SMPIT Al-Hikmah memahami materi yang telah di sampaikan.

Acara diakhiri dengan slogan kelompok yang menyerukan kepada siswa dan siswi onuntuk tumbuh menjadi generasi bebas narkoba mulai dari sekarang. Sosialisasi ini mendapat apresiasi tanggapan baik Ustaz Ilham dari SMPIT Al Hikmah Khaliqa Islam

"Pendidikan narkoba itu sangat perlu disampaikan terutama pada tingkat SMP, karena tingkat SMP itu tingkat remaja diamana pengetahuannya rendah tapi keinginan tahuanya itu tinggi, karena keingintahuannya itu tinggi maka perlu adanya bimbimbangan dari berbagai pihak," ujar Ustaz Ilham.

Menunjukkan sosialisasi ini berhasil memberikan pencerahan dan menyadarkan siswa akan bahaya narkoba. “Penampilan adik adik mahasiswa sangat bagus dan menghibur dan murid murid disini dapat menerimanya dengan baik." sambungnya

Harapan dan pesan pemateri kepada Siswa dan siswi SMPIT Al-Hikmah yayasan pendidikan Islam Khaliqa diharapkan; Memahami dampak buruk narkoba bagi kesehatan fisik dan mental, Mampu menolak ajakan mencoba-coba narkoba, Menjadi agen perubahan untuk mencegah peredaran narkoba di lingkungan sekolah dan masyarakat dan mahasiswa pemateri berharap SMPIT Al Hikmah dapat melahirkan generasi muda yang semangat, cerdas dan tidak malu mengembangkan bakatnya. **Prc-01


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER