Kanal

Buka Acara Pemberdayaan LSM dan Ormas, Sekda Harap Dukungan Pembangunan

PELITARIAU, Selatpanjang - Sekda Kabupaten (Sekdakab) Kepulauan Meranti Drs Iqaruddin membuka acara Pemberdayaan Kemitraan LSM Dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, kegiatan yang bertujuan untuk mewujudkan kebersamaan dan silahturahmi antar Ormas dan Pemerintah Daerah tersebut dipusatkan di Aula Blueberry, Selatpanjang, Kamis (30/4).

Turut hadir dalam kegiatan itu Asisten I Sekdakab. Meranti Alizar SSos, Perwakilan Kejari Selatpanjang, Kakan Kesbangpol Kabupaten Kepulauan Meranti Ahmad Yani, Kabag Humas Ery Suhairi, Nara Sumber Dr Febri Yuliani SE, serta Perwakilan Ormas dan LSM Se-Kabupaten Kepulauan Meranti.

Seperti diketahui, tak sedikit LSM dan Ormas yang ada saat ini hanya sebatas memilki kantor dan merk saja, namun tidak memiliki visi dan misi serta AD/ART yang jelas, ditambah lagi realisasi kegiatan yang sangat minim. Sehingga fungsi LSM dan Ormas untuk pemberdayaan masyarakat tidak berjalan dengan baik.

Hal itu mendapat perhatian serius dari Pemda Kabupaten Meranti, seperti diutarakan Sekdakab. Iqaruddin, LSM dan Ormas hendaknya mampu menjalankan fungsinya untuk memberdayakan masyarakat.

Untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik LSM dan Ormas harus mematuhi Permendagri No. 33 Tahun 2012 tentang Pedoman Pendaftaran Organisasi Kemasyarakatan sehingga dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara legal termasuk mendapat bantuan dana Hibah dari Pemerintah Daerah.

"LSM dan Ormas untuk dapat memperoleh dana hibah harus memenuhi ketentuan dan persyaratan sesuai dengan Permendagri, memiliki Kantor jelas, visi dan misi, AD/ART," ujar Sekda seraya meminta Ormas dan LSM melengkapi Administrasinya agar tidak tersandung masalah hukum.

Dan sebagai Mitra pemerintah selain memeberdayakan kegiatan positif ditengah masyarakat, Sekda meminta, LSM dan Ormas bisa bergandengan mendukung berbagai program pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemda.

"Ormas dan LSM hendaknya lebih pro aktif dalam mendukung Pembangunan di Kabupaten Meranti, seiring dan sejalan mewujudkan cita-cita bersama," ajak Iqaruddin

Dicontohkan Sekda, seperti yang dilakukan salah satu LSM penggiat lingkungan, yang melakukan Penaman Siapi-api di Anak Setatah Rangsang Barat untuk mengantisipasi abrasi.

LSM yang diketahui bersifat mandiri tersebut diakui Sekda turut membantu upaya pemerintah mengatasi masalah abrasi.

Lebih jauh dikatakan Sekda, demi kemajuan sebuah Ormas, hendaknya pengurus organisasi terus mengembangan diri baik meningkatkan kemampuan managerial, pengeloaan keuangan, sampai penyusunan program. "Sehingga LSM kedepan dapat lebih maju," papar Sekda.

Seiring akan dilaksanakannya pesta demokrasi di Kabupaten Kepulauan Meranti, Sekda menilai peran LSM dan Ormas sangat strategis dalam membantu KPU mengawal Pilkada, salah satunya memastikan pemilih potensial terdaftar dan dapat melaksanakan hak pilihnya.

"jangan sampai ada pemilih potensial terabaikan, ada 18 ribu E-KTP di Meranti yang belum tercetak, ini dapat menimbulkan gejolak, LSM hendaknya dapat mengawal itu," ujar Sekda.

Akhir kata, dalam acara mewujudkan rasa kebersamaan antar organisasi kemasyarakatan dengan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan rasa persaudaraan di Kabupaten Meranti.

Sekaligus meyamakan persepsi program pemerintah itu, Sekda meminta LSM dan Ormas mampu mencibtakan rasa aman, dan kondusif menuju Meranti yang aman, damai dan sejahtera.***
 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER