Kanal

Plt Bupati Asmar Audiensi Bersama Rektor UMRI

PELITARIAU, Meranti - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti H. Asmar mengikuti audiensi bersama Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Dr. H. Saidul Amin MA, di Gedung Rektorat UMRI, Pekanbaru, Kamis (12/10/2023).

Ada beberapa hal yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut. Diantaranya terkait kerja sama mahasiswa, pelatihan dan juga pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Dr. Saidul menjelaskan kampus tersebut resmi berdiri pada tahun 2008 lalu. Saat ini memiliki 8 fakultas dengan 26 program studi (Prodi) dan memiliki lebih dari 10 ribu mahasiswa.

"Saat ini tercatat ada 316 mahasiswa dari Kepulauan Meranti yang kuliah di UMRI," jelasnya.

Meski bertitel kampus islam, kata Dr. Saidul, UMRI menerima mahasiswa dari berbagai latar agama dan suku. Seperti kristen protestan, katolik dan budha.

"Mahasiswa kami juga ada yang berasal dari luar negeri, seperti Thailand. Dalam waktu dekat, akan ada mahasiswa dari Malaysia dan Filipina," ungkap Saidul.

Lebih jauh, dia menyebutkan, UMRI menganggap para kepala daerah di Riau sebagai orang tua yang menjadi tempat bertukar pikiran dan pemberi nasehat.

"Dalam waktu dekat kami akan membuka fakultas kedokteran untuk mengakomodir kekurangan dokter di Provinsi Riau," sebutnya.

Selain itu, tambahnya, UMRI akan membuka kelas magister untuk jurusan Manajemen SDM. Rencana tersebut juga sudah mendapat izin lewat SK dari kementerian.

"Kalau ada di Meranti yang ingin melanjutkan kuliah bisa difasilitasi. Kiranya ini yang dapat kami sampaikan sebagai anak kepada bapak bupati. Kami juga siap membantu program apa saja yang dibutuhkan oleh Pemkab Meranti," kata Rektor UMRI itu.

Plt Bupati H. Asmar menyambut baik kerja sama yang ditawarkan oleh pihak UMRI. Dalam kesempatan itu, Asmar juga memaparkan kondisi daerah yang dipimpinnya, mulai dari kekurangan SDM hingga minimnya anggaran yang menyebabkan miskin ekstrem.

Terkait pemaparan yang disampaikan Rektor UMRI, Asmar menjelaskan pihaknya siap untuk melakukan kerja sama sesuai dengan kemampuan yang dimiliki daerah.

"Insyaallah kami akan turut membantu dan siap bekerja sama. Kami juga merasa bangga ada banyak anak Meranti yang kuliah di UMRI," jelas Asmar.

Lebih lanjut menurutnya, pemerintah daerah sangat membutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas SDM di Kepulauan Meranti. Termasuk rencana UMRI untuk membuka Fakultas Kedokteran dan Magister Manajemen SDM.

"Biar bisa anak Meranti berkuliah dan menjadi dokter. Kami sangat kekurangan dokter. Kami mohon doa dari civitas akademika UMRI dalam upaya pembangunan Meranti," harapnya.

Hadir dalam pertemuan itu, Wakil Rektor II Dr. H. M. Rasyad Zein, MA, dan sejumlah dekan serta kepala bidang di civitas akademika UMRI.

Ikut mendampingi Plt Bupati Asmar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Suardi, Kepala Dinas Kesehatan M. Fakhri, Kepala Bagian Kesra Setda Syafrizal dan Kepala Bagian Prokopim Afrinal Yusran.  **


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER