Kanal

Ternyata Inhu Pernah Menjadi Tuan Rumah Terbaik Pelaksaan MTQ

PELITARIAU, Rengat-Pelaksanaan Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke X Tingkat Kecamatan Kuala Cenaku dilaksanakan  Sabtu (25/4). MTQ ini dibuka  langsung, Bupati Inhu H. Yopi Arianto, SE dengan lokasi Desa Tambak yang mendapat kepercayaan untuk mengadakan kegiatan itu.

 

Hadir juga dalam kegiatan itu, Asisten I H. Asryan, Anggota DPRD, sejumlah Kadis, Kakan, Kabag, Camat,Kapolsek, Danramil, Kepala Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta ribuan masyarakat yang hadir dalam kemeriahan kegiatan yang rutin diadakan setiap tahunnya.

 

Bupati Inhu H. Yopi Arianto, SE dalam sambutannya menceritakan sejarah singkat MTQ yang sampai tahun ini menjadi program agenda rutin Pemda Kab. Inhu disetiap tahunnya. Jika melihat kembali ke belakang, di tahun 2011 yang lalu, Kabupaten Inhu pernah menjadi tuan rumah dalam gelaran MTQ tingkat kabupaten, dengan ide yang brilian dari Bupati.

 

Lokasi yang menjadi pilihan saat itu untuk menjadi tempat penyelenggaraan MTQ, sangat berbeda dengan lokasi di kabupaten lainnya yaitu diselenggarakan dengan berada diatas air, tepatnya dilokasi wisata Danau Raja.

 

Berangkat dari hal tersebut, pada akhirnya Kabupaten Inhu dinobatkan sebagai Tuan Rumah dan Penyelenggara terbaik dari event Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat kabupaten se Provinsi Riau. Selanjutnya dirinya juga menaruh apresiasi yang besar kepada Kecamatan Kuala Cenaku khususnya Desa Tambak yang mampu menyelenggarakan event akbar ini dengan semeriah mungkin dan antusias ribuan masyarakat yang hadir dalam kemeriahan kegiatan tersebut.

 

Atas nama Pemerintah, dirinya juga mengajak kepada seluruh masyarakat, untuk terus menjalin rasa persatuan dan kesatuan diantara warga dalam membantu aparat keamanan dalam menjaga keamanan dan ketertiban dlingkungan tempat tinggal serta mampu memelihara berbagai kemajuan pembangunan yang telah dicapai sampai saat ini.  

 

Pada akhirnya, bersama para pejabat yang hadir, Bupati Inhu H. Yopi Arianto, SE membunyikan sirine yang menjadi tanda secara resmi pelaksanaan MTQ ke X tingkat Kecamatan Kuala Cenaku tahun 2015 dimulai.  Sekaligus diikuti dengan pesta kembang api yang melengkapi kemeriahan pembukaan MTQ pada malam itu.

 

Selanjutnya, disela-sela acara pembukaan MTQ tersebut, Kepala Kantor Kementrian Agama Kab. Inhu H. Abdul Kadir, secara resmi mengukuhkan kurang lebih 30 pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ). Seperti diketahui, menurut rencana, setelah pelaksanaan kegiatan MTQ di 14 kecamatan selesai, pengkaderisasi serta pembinaan dan pelatihan terhadap para pengurus LPTQ  juga akan dilaksanakan.

 

Sehingga diharapkan nantinya, para pengurus yang telah resmi dikukuhkan mampu menjalankan tugas serta tanggung jawabnya dalam rangka memberikan pembinaan serta pelatihan kepada masyarakat khususnya umat muslim dalam bidang tilawah Al Qur’an. 

 

Sebelum mengkahiri kunjungannya, Bupati Inhu H. Yopi Arianto, SE dengan didampingi pejabat yang hadir juga melakukan peninjauan terhadap sejumlah stand bazar dari setiap desa yang ada di Kecamatan Kuala Cenaku yang menampilkan berbagai kerajinan-kerajinan khas dari setiap desanya.

Kepala Desa Tambak Masdan, yang juga selaku Ketua Panitia Pelaksana menyampaikan  MTQ tahun ini akan berlangsung selama tiga hari 25 sampai 28 April mendatang dengan diikuti sebanyak 135 peserta yang berasal dari sepuluh desa yang ada di Kecamatan Kuala Cenaku. Ada enam cabang yang dilombakan dalam ajang MTQ tersebut diantaranya, tartil, tilawah, syarhil, fahmil, Khotil dan Kaligrafi.

 

Camat Kecamatan Kuala Cenaku, Wagiman, SE mengungkapkan bahwa dalam penyelenggaraan MTQ tahun ini, pihaknya kembali mengusung tema “Kembali ke Alam”. Hal ini dimaksudkan agar seluruh masyarakat yang hadir dapat terus menyadari akan pentingnya kelestarian alam dalam kehidupan kita.

 

Dirinya berharap, kepada para peserta nantinya mampu memberikan penampilan yang terbaik, sehingga kedepan akan lahir para tilawah yang berprestasi yang selain baik dalam membaca juga mampu mengamalkannya.

 

Penulis: rio


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER