Kanal

Bupati Meranti Resmikan Asrama Putri di Pekanbaru

PELITARIAU, Pekanbaru - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti komit mendukung pendidikan Putra-Putri daerah, salah satu bentuk upaya yang dilakukan, dengan menyediakan fasilitas pendukung pendidikan bagi Mahasiswa Meranti yang sedang menempuh pendidikan di berbagai Universitas di Pekanbaru. Seperti, menyediakan asrama Putri yang diresmikan pemakaiannya oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi, Minggu (19/4).
 
Asrama Putri yang diresmikan Bupati Irwan berlokasi tak jauh dari lingkungan Kampus UIR, UIN dan UNRI, dijalan Kartama, Gang Kulim, Kelurahan Maharatu, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru. Asrama Putri yang cukup representatif itu  berkapasitas 12 kamar yang mampu menampung hingga 25-30 mahasiswi. 
 
Pemda Meranti menyadari tempat tinggal juga mempengaruhi konsentrasi dan kwalitas belajar belajar. Seperti dikatakan Bupati Meranti Drs H Irwan MSi dalam sambutannya, menegaskan pengadaan Asrama Putri ini sangat penting dan strategis, Ia berharap fasilitas itu dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, khususnya dalam upaya peningkatan prestasi, selain dapat membanggakan diri sendiri dan keluarga, juga Pemerintah. Dengan belajar serius dan berprestasi, mahasiswa turut mendukung meningkatkan kwalitas sumber daya manusia di Kabupaten Meranti yang hingga kini terus digesa oleh Pemerintah Daerah.
 
Diharapkan Bupati dengan tersedianya fasilitas asrama ini dapat semakin meningkatkan prestasi mahasiswa. Diakui Bupati, asrama yang ada memangbelum bisa menampung keseluruhan mahasiswa putri yang ada, namun setidaknya dapat dimanfaatkan untuk pusat kegiatan sehingga tercipta optimalisasi.
 
Keberadaan Asrama bagi mahasiswa, sering kali menjadi wadah berorganisasi bertukar fikiran dengan berbagai kegiatannya, namun diingatkan Bupati mahasiswa jangan terlena, terus belajar serius jangan sampai menjadi mahasiswa paling lama. "Di Asrama biasanya paling banyak aktifis jangan sampai karena sibuknya berorganisasi menjadi mahasiswa berpredikat paling lama," ujar Bupati.
 
Lebih jauh dikatakan Bupati, Pemda Meranti akan terus berupaya menyediakan berbagai fasilitas penunjang pendidikan dalam rangka mempersiapkan putra-putri menjadi pemimpin dimasa datang. SDM yang berkwalitas sangat dibutuhkan Kabupaten Meranti untuk menunjang pembangunan. "Kita juga berharap mahasiswa yang telah lulus dapat memberikan kontibusi membangun daerah, mengabdikan diri untuk Meranti," papar Irwan.
 
Sekedari informasi sebelumnya, ditahun 2011 lalu, Pemda Meranti juga telah menyediakan fasilitas yang sama, Asrama Putra berkapasitas 20 orang, dijalan Aur Kuning, Kelurahan Simp. Tiga, Kecamatan Bukitraya.
 
Namun mengabdikan diri menurut Irwan, tidak hanya dilakukan di Kabupaten Meranti tetapi dapat dilakukan diluar Meranti dengan menjadi duta-duta Meranti yang mampu mengharumkan nama daerah. 
 
Akhir kata, Bupati mengharapkan, fasilitas asrama dijaga dan dimanfaatkan sebaik mungkin, kepada penghuni asrama dapat berbaur dengan masyarakat setempat, dan meningkatkan akhlak sehingga mahasiswa bukan saja cerdas tetapi juga beriman.
 
Sementara anggota DPRD Riau Perwakilan Meranti, T. Nazlah, mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemda Meranti, khususnya Bupati yang telah menyediakan wadah bagi mahasiswa dalam menimba ilmu dalam rangka mengharumkan nama Meranti lewat pendidikan. "Ini bentuk dari dukungan Pemda menunjang pendidikan di Kabupaten Meranti," paparnya.
 
Sementara Ketua Mahasiswa IPMK2M Azman didampingi Sekretaris M Zuhri, mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti beserta jajaran atas perhatian dan kepeduliannya dalam membangun serta meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Kabupaten Meranti. Menurutnya fasilitas asrama ini akan dipeioritaskan untuk mahasisiwi yang kurang mampu namun berprestasi. Dimana porsinya akan dibagi per Kecamatan yang ada. 
 
Sekedar informasi, dari data terakhir yang dihimpun Sekretariat Mahasiswa Meranti, saat ini jumlah mahasiswa asal Kabupaten Kepulauan Meranti yang sedang menempuh pendidikan berjumlah 1200 orang.
 
Turut hadir Anggota DPRD Provinsi Dapil Meranti T Nazlah,  Kabag Kesra Sekdakab Meranti Drs Rosdaner, AKP Sumatno dari Polres Meranti, Prof Johanes Umar, Dr Afiandi, Kabid Aset DPPKAD Kabupaten Meranti Muhammad Habibi STTP, MSi tokoh masyarakat, serta ratusan mahasiswa asal Kabupaten Meranti.***
 

Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER