Kanal

Meski Diguyur Hujan Pembukaan MTQ Di Inhu Tetap Meriah

PELITARIAU, Rengat-Meskipun diguyur hujan yang cukup deras, tidak mengurangi antusias masyarakat untuk hadir dan ikut serta dalam kemeriahan pelaksanaan Pembukaan MTQ ke-10 tingkat Kecamatan Sungai Lala, Sabtu (18/4/2015). Dalam pelaksanaan kegiatan yang dipusatkan di lapangan Desa Pasir Setabau itu, hadir sekaligus membuka secara resmi Pembukaan MTQ ke- 10 Tingkat Kecamatan Sungai Lala,

 

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar Kab. Inhu, Hasman Dayat, M.Si. Selain itu turut hadir juga, anggota DPRD, Kepala Kantor Kemenag Kab. Inhu Drs. H. Abdul kadir, Camat Sungai Lala Yus Amrina, S.Sos, Kapolsek, Danramil, Upika Kecamatan, Kepala Desa,Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta ribuan masyarakat yang bertumpah ruah dalam kemeriahan pembukaan MTQ Kecamatan Sungai Lala.

 

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana Yanto mengungkapkan, pelaksanaan MTQ Kecamatan Sungai Lala ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya, dengan diikuti oleh peserta dari 12 desa  yang tersebar diseluruh Kecamatan Sungai Lala, diharapkan melalui kegiatan ini nantinya mampu menghidupkan minat masyarakat dalam membaca, memahami serta mengamalkan isi kandungan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

 

Ditambahkannya, dalam pelaksanaan MTQ ke 10 ini, memperlombakan Qoriah dewasa putra/putri, remaja serta anak-anak, tartil dan fahmil.  dan akan berlangsung selama 4 hari sampai dengan selasa 21/4/2015. Terkait dengan anggaran kegiatan, selain dari APBD, bantuan pihak swasta dan desa serta swadaya masyarakat menjadi pendukung terlaksananya kegiatan ini. Maka dari itu, dirinya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusinya terhadap suksesnya kegiatan ini.

 

Mengawali sambutannya, Camat Sungai Lala, Yus Amrina, S.Sos, menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada para peserta dan warga masyarakat yang datang dengan penuh semangat  meskipun pelaksanaan pembukaan MTQ kali ini dalam kondisi diguyur hujan yang cukup deras.

 

Dirinya juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh panitia yang bekerja keras demi mensukseskan penyelenggaraan kegiatan ini. Dijelaskannya bahwa dalam kegiatan ini bukan hanya sekedar membaca Al Qur’an, akan tetapi diharapkan para peserta mengerti akan arti dari kandungan Al Qur’an itu sendiri.

 

Lebih lanjut, melalui pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan ini, diharapkan kepada para peserta maupun masyarakat yang hadir mampu menjadi motivasi dalam memperdalam ajaran-ajaran Islam sekaligus dapat dijadikan sebagai ajang menjalin tali silaturahmi diantara masyarakat. Khusus kepada para peserta yang berprestasi, dirinya berpesan agar nantinya tidak menyombongkan diri dengan apa yang telah diraih, akan tetapi sebaliknya dapat membagikan ilmunya kepada rekan-rekan yang lain sehingga kedepan dari Kecamatan Sei Lala akan muncul para kafilah-kafilah yang berprestasi.

 

Sementara itu, sebelum menyampaikan arahannya, Kepala Disperindagpas Kab. Inhu Hasman Dayat, M.Si menyerahkan secara simbolis bantuan dari Pemda kepada sejumlah perwakilan berupa 100 mukena dan 100 kain sarung. Selanjutnya, dalam pidato Bupati Inhu yang dibacakan oleh Kadis Pendidikan Hasman Dayat, M.Si menyampaikan bahwa pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an ini merupakan kegiatan yang diharapkan nantinya mampu meningkatkan motivasi kepada umat muslim dalam membaca serta memahami kandungan Al Qur’an yang pada akhirnya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Sebagai bentuk kepedulian Pemda Kab. Inhu bersama DPRD Kab. Inhu pada tahun ini telah menganggarkan dalam APBD Kab. Inhu tahun 2015 bantuan untuk Guru Madrasah Diniyah Awaliyah (PDTA), berangkat dari hal tersebut, diharapkan kepada tokoh serta seluruh masyarakat untuk dapat berperan aktif dalam membangun Kabupaten Indragiri Hulu demi mencapai apa yang menjadi tujuan bersama yaitu kesejahteraan masyarakat yang merata. Akhirnya, dengan ditandai pemukulan gong, secara resmi pelaksanaan MTQ ke-10 Tingkat Kecamatan Sungai Lala resmi dibuka.

 

Penulsi: rio


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER