Kanal

Polda Riau Gelar TOT Pengemban Strategi Polmas dan Sosialisasi Polisi RW di Polres Meranti

PELITARIAU, Meranti - Kasubdit Binpolmas Dit Binmas Polda Riau, AKBP Vera Taurensa SS MH berserta tim, Senin (5/6/2023) sore, menggelar Training of Trainer (TOT) Pengemban Strategi Polmas dan Sosialisasi Polisi RW di Polres Kepulauan Meranti.

Kegiatan yang berlangsung di ruang rapat utama Mapolres tersebut dihadiri Wakapolres Kepulauan Meranti Kompol Robet Arizal SSos, Kasat Binmas AKP Jamaludin, Kanit Binpolmas Ipda Susetio, dan puluhan personel Polres yang menjadi peserta.

Dalam sambutannya, Kompol Robet mengucapkan terimakasih kepada tim pelatihan strategi Polmas dan Sosialisasi Polisi RW dari Dit Binmas Polda Riau atas kesempatan pemberian pelatihan dimaksud.

"Saya berpesan kepada para personel yang diberikan tanggung jawab sebagai polisi RW agar dapat memahami tugas dan perannya di masyarakat. Gunakan pelatihan ini untuk mendapatkan ilmu dalam meningkatkan kemampuan dan kecakapan dalam menghadapi suatu persoalan di wilayah yang menjadi tanggung jawab masing-masing," pesannya.

Sementara itu, Kasubdit Binpolmas Polda Riau, AKBP Vera Taurensa. juga menyampaikan ucapan terimakasihnya atas sambutan hangat dari jajaran Polres Kepulauan Meranti.

"Bapak Kapolda ingin menjadikan Polres Kepulauan Meranti sebagai percontohan Polisi RW. Oleh karena itulah kami diutus untuk memberikan pelatihan kepada rekan-rekan personel Polres disini terkait peran dan tugasnya dalam mengemban tanggung jawab sebagai Polisi RW," ujar Vera.

Ia menjelaskan bahwa Polisi RW merupakan konsep pengemban tugas kepolisian dalam kelompok mikro masyarakat di suatu daerah.

Dimana, program Polisi RW ini diharapkan mampu meng-cover keterbatasan jumlah personel bhabinkamtibmas dalam meningkatkan kamtibmas dan memperkuat pelaksanaan tugas-tugas polisi di wilayah.

"Konsep Polisi RW ini diantaranya adalah untuk memungkinkan terjadinya interaksi memecahkan masalah (problem solving) dan saling mengembangkan sikap yang positif dalam lingkungan masyarakat, memberikan kesempatan untuk menyampaikan layanan yang mungkin dibutuhkan oleh masyarakat sekitar, membina komunitas di lingkungan RW, mapping peluang untuk bekerja bersama komunitas masyarakat, serta mampu menerapkan prinsip comunity policing (polmas), restorative justice dan akuntabilitas," jelasnya.

Untuk diketahui, pelatihan tersebut diisi dengan pemaparan dan tanya jawab oleh tim Dit Binmas Polda Riau dengan personel Polres Kepulauan Meranti. **


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER