Kanal

Melihat Bupati Rezita saat Musrenbang di Kecamatan Kuala Cenaku

PELITARIAU, Inhu - Hari terakhir Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2024 tingkat Kecamatan di Kabupaten Indragiri Hulu dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Kecamatan Kuala Cenaku dan Kecamatan Rengat, Selasa (07/02/2023).

Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi, SE dalam sambutannya di Kecamatan Kuala Cenaku menyampaikan Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan di Kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang didasarkan pada masukan dari hasil musrenbang desa.

Bupati berharap agar usulan-usulan yang disampaikan dalam diskusi dan dialog benar-benat program yang dapat menyentuh kepentingan dan kebutuhan masyarakat.

Camat Kuala Cenaku Suprianto, SE dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Bupati Inhu serta stakeholder terkait atas capaian realisasi kegiatan pada tahun sebelumnya di Kecamatan Kuala Cenaku.

Suprianto menyebutkan Kecamatan Kuala Cenaku pada Musrenbang kali ini akan mengusulkan kegiatan pada tahun 2024 sebanyak 231 usulan, dengan kegiatan prioritas sebanyak 6 kegiatan yang terdiri dari, infrastruktur jalan sebanyak 8 usulan, jembatan akses penghubung sebanyak 5 usulan, tiang dan jaringan listrik sebanyak 350 tiang, rumah layak huni 100 unit, rehap plafon dan pagar kantor camat 1 paket, dan infrastruktur jalan lingkar kuala cenaku - Pulau Jum'at - kuala mulia sepanjang 8km.

Suprianto berharap agar kegiatan prioritas yang diusulkan dapat diberikan ruang khusus untuk dituangkan dalam APBD 2024.

Sementara di Kecamatan Rengat, Musrenbang dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan & Kesra H. Syahrudin, S.Sos, M.T, yang dipusatkan di Gedung Graha Wanita.

Beliau membacakan sambutan Bupati Inhu yang menyebutkan musrenbang kecamatan memiliki nilai yang sangat strategis dalam kelangsungan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kab. Inhu.

Camat Rengat Poppy Bainurita, SE dalam sambutannya menyampaikan ada 218 usulan kegiatan pembangunan di Kecamatan Rengat untuk tahun anggaran 2024. 18 poin diantaranya menjadi usulan prioritas yang di simpulkan dalam kegiatan fisik diantaranya berupa pembangunan jalan, pembuatan turap, pembangunan gedung kantor lurah, pembangunan tanggul, rehabilitasi rumah dinas camat, dan jembatan, Sedangkan untuk kegiatan non fisik beliau menyebutkan dalam rangka pemulihan ekonomi akan lebih memprioritaskan program dengan sistem pertanian terpadu.

Poppy berharap melalui musrenbang ini dapat mencari solusi terhadap masalah yang ada, serta mendapat masukan- masukan bagi pembangunan di tahun 2024. "Semoga segala usaha yang kita lakukan mendapat ridho oleh Allah SWT". Tutupnya


Diketahui untuk Kecamatan Rengat untuk tahun 2023 mengalami peningkatan pagu sebesar 10 Milyar dibandingkan dengan tahun 2022, dimana untuk tahun 2022 pagu senilai Rp.18 Milyar dan pada tahun 2023 senilai Rp.29.8 Milyar, ini merupakan Kecamatan dengan alokasi dana terbesar di Kabupaten Indragiri Hulu. **Rls/Kominfo Inhu


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER