Kanal

Imigrasi dan Pemda Meranti Memfasilitasi Kos Polwan

PELITARIAU, Selatpanjang -Kerjasama antar Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) di Kabupaten Meranti terjalin dengan baik, terbukti dengan terciptanya sinergi dan saling dukung antar satu institusi dan institusi lainnya. Seperti yang dilakukan oleh Pemda Meranti dan Imigrasi dengan memfasilitasi Rumah Kos Polwan Polres Meranti dalam rangka memberikan dukungan Kamtibmas.

 

Sekdakab Meranti  Drs. Iqaruddin disela peninjauan rumah kos Polwan didampingi  Kapolres Meranti AKBP Pandra, Kepala Kantor Imigrasi Tohadi, Kabag Humas Ery Suhairi, S.Sos, Kompol Imam Zaidi, AKP Sumarno, AKP. Antony LG dan lainnya. Fasilitas rumah kos bantuan Pemda Meranti tersebut dalam rangka memberikan dukungan kepada Mapolres Meranti yang diketahui memiliki keterbatasan tempat tinggal bagi personilnya.

 

"Ini wujud dukungan kita kepada Polres Meranti dalam mencukupi kebutuhan tempat tinggal personilnya yang kita ketahui masih sangat terbatas," ujar Sekda.

 

Selain itu Sekda juga meminta kepada pihak Kecamatan turut membantu fasilitas serupa bagi personil Polres yang berada di 9 Kecamatan yang tersebar di wilayah Kabupaten Meranti. Dan upaya itu akan semakin optimal jika dukungan penuh juga diberikan oleh masyarakat dengan turut menyediakan kos-kosan untuk dikontrak oleh personil Polres.

 

"Masyarakat juga dapat membantu dengan membangun kos-kosan untuk ditempati oleh personil Polres," paparnya lagi.

 

Hal senada juga dikatakan oleh Kepala Kantor Imigrasi Selatpanjang, Tohadi, yang menegaskan dukungan ini merupakan wujud kerjasama lintas sektoral yang baik antara forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopinda) yang berada di Kabupaten Meranti. "Ini sudah mejadi komitmen kita untuk saling memberikan dukungan kepada institusi yang membutuhkan," jelas Tohadi.

 

Menyikapi hal itu, Kapolres Kabupaten Kepulauan Meranti AKPB. Pandra mengucapkan apresiasi atas dukungan penanganan Kamtibmas yang diberikan oleh Pemda Meranti dan Kantor Imigrasi Selatpanjang. Dan hal itu dapat terwujud, berkat koordinasi dan sinergitas yang terjalin baik selama ini. "Ini bukti bahwa kebersamaan tidak hanya slogan tapi diwujudkan dengan bukti kongkrit," ujar Pandra bangga.

 

Diakui Pandra, dukungan yang diberikan kedua institusi Pemda dan Kantor Imigrasi kepada Mapolres Meranti yang baru berumur 1 tahun 8 bulan, sekaligus menjadi kado Hari Kamtibmas. Dan dukungan kepada Polisi untuk lebih mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

 

Saat ini Mapolres Meranti dalam kondisi serba keterbatasan baik sarana dan prasarana, maupun dari dari segi jumlah personil yang baru 277 personil dari jumlah idealnya 750 personil, gedung Mapolres yang masih menumpang di Mapolsek Tebing Tinggi.

 

"Kita akan terus berbenah untuk menjadi ideal, namun persoalan yang kita hadapi penambahan personil kurang didukung oleh fasilitas tempat tinggal dan ruang kantor," papar Kapolres.

 

Kedepan untuk mencapai angka ideal jumlah personil, dalam waktu dekat Mapolres Meranti akan kembali kedatangan personil yang nantinya akan ditebar di 9 Mapolsek Se-Kabupaten Meranti. Untuk itu Kapolres meminta dukungan yang sama juga diberikan oleh pemerintah ditingkat Kecamatan. 

 

Seperti dijelaskan Kapolres Kabupaten Kepulauan Meranti, bantuan yang diberikan oleh Pemda Meranti berupa sebuah rumah kos 2 kamar lengkap dengan fasilitas ruang tamu, dapur dan kamar mandi plus perabotan dan alat masak yang dibutuhkan. Begitu juga yang diberikan oleh Kantor Imigrasi Selatpanjang berupa rumah kos 4 kamar,  2 rumah kos ini tempati oleh 21 Polwan yang bertugas di Mapolres Meranti.

 

Polwan yang bertugas di Mapolres Meranti, dikatakan Kapolres, merupakan tenaga profesional, bahkan satu diantaranya merupakan lulusan terbaik sekolah Polwan. Hebatnya lagi sebagian besar dari Polwan tengah menempuh jenjang pendidikan SI. "Sebagian besar sudah menjalani kuliah, ada yang sudah semester 6 bidang desain grafis dan ada juga mantan finalis miss Jelita dan atlit Voly Nasional," ucap Pandra.

 

Penulis: Doni Ruby Saputra

Editor  : rio


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER