Kanal

Bupati Ajak Warga Minang Bersatu Padu Bangun Meranti

PELITARIAU, Selatpanjang - Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs. H. Irwan, MSi, Minggu malam (6/4) membuka Musyawarah Daerah (Musda) I IKMR Kabupaten Kepulauan Meranti bertempat di Gedung Ocean, Selatpanjang.  Saat itu Bupati mengajak seluruh masyarakat Minang bersatu padu bangun Meranti..

 

Hadir dalam acara itu, Penasehat IKMR H. Masrul Mansyur, Ketua IKMR Meranti Efendi, Sag, Ketua LAM H. Ridwan, Kapolres AKBP. Pandra, Ketua DPRD, Ketua IKA Minang Se-Kabupaten Meranti, Kabag Kesra Rosdaner, Kabag Humas Eri Suhairy, tokoh adat/agama/cerdik pandai dan lainnya.

 

Dalam acara Musda IKMR Bupati berharap, Musda yang dilaksanakan berjalan dengan lancar dan baik, serta didukung semua pihak.

"Saya berharap Musda ini dapat menghasilkan Ketua yang bisa melindungi dan mengayomi masyarakat minang di Kabupaten Meranti," ujar Bupati.

 

Selain itu, Bupati berharap kepada seluruh peserta yang mengikuti Musda dapat memilih Ketua yang mampu menjadi pemersatu bukan saja warga Minang tetapi seluruh suku yang ada di Kabupaten Meranti. 

 

"Ketua yang dipilih haruslah figur yang bisa berkoordinasi dengan suku lainnya, karena disini terdiri dari banyak suku bangsa," harap Bupati yang mengaku turut merasakan keriuhan Musda IKMR saat terbentuk tahun 1987 lalu, ketika orang nomor satu di Kabupayen Meranti itu, masih menjadi pengiring gitar.

 

Dengan digelarnya Musda IKMR itu, semakin mempererat hubungan antar suku, antara suku yang satu dan lainnya saling melebur, bersatu padu membangun Meranti.

"Dengan banyaknya suku menyebabkan poensi gesekan sangat kuat, dengan adanya IKMR kondisi semakin kondusif dan persatuan semakin kokoh," ujar Bupati.

 

Dijelaskan Bupati, dalam membangun daerah perlu kerjasama semua pihak, kekompakan saling tolong menolong, saling menasehati menjadi syarat mutlak, dan Bupati menilai masyarakat Minang memiliki rasa itu yang mampu menjadi tauladan ditengah masyarakat. "Semoga warga IKMR bisa menjadi contoh bagi masyarakat lannya," papar Bupati.

 

Diakui Bupati masyarakat memiliki sejarah yang panjang dengan masyarakat Melayu bagaikan sisi mata uang, satu keluarga tapi lain rumah, di negeri Melayu masyarakat Minang bukan  orang lain tapi urang Sumando. Orang minang menjadi pengusaha dan pedagang, saling mengisi kekurangan. 

 

"Keberadaan orang minang sangat penting dengan berakrifitas sebagai pedagang dapat mendistribusi sembako dan bahan pokok lainnya, mari nersama kita kuatkan kebersamaan," ajak Bupati. 

 

Sementara Penasehat IKMR Masrul Mansyur menegaskan Musda IKMR menjadi awal bangkitnya kembali persatuan dan kesatuan sekaligus menghimpun semua potensi organisasi. "Ini adalah momen kita untuk merangkul dan mempersatukan semoga dapat mensejahterakan seluruh dan memberi manfaat bagi masyarakat," ujarnya.

 

Musda I IKMR Kabupaten Meranti diikuti oleh PKDP, IPS, SAS, IKA, IKP Payakumbuh, IKTDS dan lainnya.

 

Penulis: Doni Ruby Saputra

Editor  : rio


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER