Kanal

Kampanyekan Kebersihan, Bupati Meranti Angkat Sampah

PELITARIAU, Selatpanjang- Menumbuhkan budaya bersih ditengah masyarakat bukan perkara gampang, apalagi masyarakat sudah terbiasa menyerahkan masalah kebersihan kepada Pemerintah. Untuk mengembalikan kesadaran itu Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs. H. Irwan, MSi langsung turun tangan mengkampanyekan, Kamis (2/3).

 

Bupati Drs. H. Irwan, Msi, bersama rombongan, Wakil Ketua DPRD Muzamil, Kadis Pasar, Kabag Humas Eri Suhairy, Camat Tebing Tinggi Drs. Asrorudin, Lurah Selatpanjang Barat diikuti personil TNI, Polres, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, Ormas Pemuda Pancasila dan lainnya menggelar apel singkat. Dilanjutkan dengan penyisiran area pertokoan dijalan A. Yani hingga Imam Bonjol.

 

Selokan dan gorong-gorong depan toko, menjadi fokus utama rombongan karena jika dibiarkan bersampah akan memicu banjir, bau busuk dan mengganggu keindahan kota.

 

"Ini adalah upaya kita mempelopori kebersihan lingkungan ditengah masyarakat, kita berharap gerakan awal ini dapat memberikan motivasi kepada masyarakat untuk kembali menggiatkan gotong royong," ujar Bupati.

 

Bupati berharap, pemikiran masyarakat yang saat ini mengandalkan pemerintah untuk menjaga kebersihan lingkungan, bisa berubah dengan menyadari bahwa kebersihan merupakan tanggung jawab bersama.

 

"Mari semua elemen masyarakat turut berkontribusi meningkatkan kebersihan lingkungan, jika kota bersih masyarakat akan sehat dan kesejahteraan meningkat,"ajak Bupati.

 

Pada kesempatan itu, Bupati langsung turun tangan mengangkat sampah-sampah yang menyumbat selokan didepan pertokoan sepanjang jalan A. Yani dan Imam Bonjol. Masyarakat sekitarpun tampak tak tinggal diam dengan turut bersama Bupati membersihkan selokannya.

 

Disela kegiatan itu, Bupati juga berinteraksi dengan pemilik toko, kedai kopi dan pihak Bank yang beroperasi disekitar lokasi. Bupati berharap apa yang dikampanyekan tidak menjadi kesadaran sesaat tapi berkelanjutan dan dapat diikuti oleh semua elemen masyarakat tanpa kerkecuali.

 

Bupati menegaskan kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama rumah tangga keluarga, dilingkungan masing-masing untuk itu, ia mengingatkan kepada masyarakat tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan got sehingga bau busuk hilang, saluran air lancar sekaligus mengantisipasi banjir. "Mari buat kota kita menjadi bersih dan nyaman," ujar Bupati.

 

Terbitkan Perda

 

Kedepan untuk menjamin Kabupaten Meranti bebas dari sampah, Bupati akan menerbitkan Perda Kebersihan, Perda ini mengatur setiap masyarakat untuk turut serta menjaga kebersihan lingkungan, minimal ditempat tinggalnya masing-masing. Sekaligus memberikan sanksi kepada masyarakat yang dengan sengaja membuang sampah.

 

Harapan Bupati, kampanye kebersihan lingkungan yang dilakukan saat ini dapat terus dilanjutkan menjadi kegiatan rutin, mingguan, bulanan yang dilaksanakan mulai dari tingkat pemerintahan paling bawah, RT, RW, Kelurahan hingga Kecamatan.

 

"Jika Kota kita bersih, masyarakat akan sehat, kota menjadi indah dan akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat, mari semua pihak mendukungnya," pungakas Bupati mengakhiri.

 

Penulis: Doni Ruby Saputra

Editor  : rio


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER