Kanal

Bupati HM Adil Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana Bersama Forkopimda di Meranti

PELITARIAU, Meranti - Bupati H Muhammad SH MM Pimpin Apel Kesiapsiagaan Penangulangan Bencana Alam Bersama Forkopimda di Halaman Kantor Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti.(28/11/2022)

Dalam pengarahanya Bupati Meranti H Muhammad SH MM mengatakan bahwa, dia mengucapkan terima kasih kepada saudara-saudara yang telah hadir mengikuti Apel kesiapsiagaan Penanggulangan bencana pada pagi hari ini. Apel Siaga ini sebagai salah satu bentuk kesiapan dan antisipasi, terhadap kemungkinan terjadinya bencana banjir menjelang musim penghujan. 

Kegiatan ini juga sebagai sarana untuk mengumpulkan kapasitas daerah, sarana dan prasarana logistik termasuk sumber dana dari berbagai unsur, untuk menguji kemampuan dan keterampilan dalam memobilitasi sumber daya serta pengoperasian sarana dan prasarana penanggulangan bencana.

"Saya berharap, apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana ini bukan hanya kegiatan seremonial belaka, tetapi merupakan manifestasi kesiapan Pemerintah Daerah, TNI, Polri maupun berbagai komponen masyarakat dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan apabila terjadi bencana. Kita semua menyadari, bahwa bencana alam memang tidak dapat ditolak", harapnya H Muhamad Adil SH MM.

Tetapi yang lebih penting adalah bagaimana upaya kita semua untuk dapat meminimalisir dampak yang mungkin terjadi akibat bencana tersebut atau yang biasa disebut dengan mitigasi bencana.

Oleh karena itu, hendaknya pihak-pihak terkait dapat memberikan berbagai informasi kepada warga, khususnya masyarakat yang berada di kawasan rawan bencana. Sehingga masyarakat akan memahami apa-apa yang harus dilakukan, apabila sewaktu-waktu terjadi bencana. 

"Kepada semua pihak tidak boleh lengah dengan kondisi ini, sekalipun berada pada kondisi aman,  namun perlu mengantisipasi melalui penyusunan rencana penanggulangan bencana yang baik (good disaster management plan) sebagai bentuk upaya pencegahan dan mitigasi bencana", tutupnya H Muhammad SH MM.

Kemudian usai apel tersebut Bupati Meranti H Muhammad SH MM Bersama Forkopimda langsung melakukan pengecekan kelayakan alat pemadam kebakaran. **


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER