Kanal

200 Personel Lanud Roesmin Nurjadin Turut Donor Darah Kerjasama Dengan Relawan Peduli Dan Kanwil DJP Riau

PELITARIAU, Pekanbaru - Bakti Sosial (Baksos) donor darah yang dilaksanakan Relawan Peduli Covid-19 Riau bersama Kanwil DJP Riau, diikuti 200 personel TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) yang turut mendonorkan darah bersempena peringatan ke-75 Hari Bhakti TNI AU yang diperingati setiap tanggal 29 Juli.

Baksos donor darah ini digelar Relawan Peduli Covid-19 Riau bersama Kanwil DJP Riau dengan menggandeng PMI Kota Pekanbaru telah berlangsung sejak 27 Juni lalu di Furaya Hotel Pekanbaru mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Ian Fuady mengatakan, donor darah dalam rangka peringatan ke-75 Hari Bhakti TNI AU yang diperingati setiap tanggal 29 Juli.

"Kali ini, kita melaksanakan donor darah bertempat di Hotel Furaya yang bekerjasama dengan Relawan Peduli Covid-19 Riau, Kanwil DJP Riau dan Palang Merah Indonesia (PMI) Pekanbaru," sebut Marsma TNI Ian Fuady.

Dikatakannya, kebutuhan darah di masyarakat meningkat, sehingga menjadi momentum bagi personel Lanud Roesmin Nurjadin untuk membantu sesama. 

"Hari ini, sekitar 200 personel Lanud Rsn mengikuti baksos donor darah ini," terangnya.

Masih kata Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, mendonorkan darah tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan, tetapi bermanfaat juga bagi pendonor, seperti, mengurangi penyakit jantung, membakar kalori, menurunkan resiko kanker, meningkatkan produksi darah, pikiran lebih stabil, menurunkan kolesterol, dan sebagainya.

"Kami akan terus berusaha meningkatkan kerjasama dengan stokeholder dan mitra, baik di lingkungan pemerintahan maupun kalangan swasta, komunitas serta organisasi lainnya yang berkomitmen membantu memenuhi kebutuhan dan produk darah bagi masyarakat Riau, khususnya Kota Pekanbaru," ujar Marsma TNI Ian Fuady.

Ian Fuady juga mengungkapkan  terima kasih kepada panitia. "Kami berharap kerjasama dan kolaborasi Lanud Rsn dengan Relawan Peduli tetap berlanjut, bahkan untuk event dan kegiatan lainnya," harapnya.

Penggagas Relawan Peduli Covid-19 Riau, Toni Lim kepada PELITARIAU.com mengatakan, antusias masyarakat untuk mengikuti donor darah cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dengan telah terkumpulnya 1645 kantong darah hingga hari ketiga kemarin.

"Hari pertama terkumpul 503 kantong darah, hari kedua 522 kantong darah dan hari ketiga 620 kantong darah.  "Pada hari keempat ini, kami berharap dapat mengumpulkan 700 hingga 800 kantong darah.  Bahkan kita telah menambah 6 bed lagi," kata Toni Lim.

Baksos ini kata Toni Lim, didukung oleh berbagai instansi, Pemerintah, TNI, Polri, komunitas, Yayasan, lembaga keagamaan, perusahan swasta dan sebagainya.

Dengan adanya gotong-royong ini, Toni Lim berharap dapat  membantu PMI Kota Pekanbaru akan ketersediaan darah. **Prc7


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER