Kanal

Jika Masjid Al Amin di Rengat Masuk Kesungai Indragiri, Ini Lokasi Bangunan Masjid Baru

PELITARIAU, Inhu - Kondisi abrasi sungai Indragiri disamping Masjid Al-Amin Dusun II RT 05 Desa Pulau Gajah Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri hulu (Inhu)-Riau, semakin mengkhawatirkan. Masyarakat  Pulau Gajah Minggu (16/5/2022) bergotongroyong membersihkan dan menyiapkan lokasi lahan baru pembangunan masjid, jika masjid Al-Amin yang sekarang masuk ke sungai Indragiri akibat abrasi.

Kepala Desa Pulau Gajah, Erwan kepada wartawan di Rengat menjelaskan, secara lisan kondisi longsor Sungai Indragiri samping masjid Al-Amin sekitar kurang dari 3 meter di Desa Pulau Gajah, kondisinya sudah disampaikan kepada kepada pihak Kecamatan dan kepada instansi terkait di Kabupaten.

"Informasinya yang saya terima ada pihak pemerintah yang pernah meninjau abrasi itu dan mengukur kedalaman air, mengantisipasi agar tidak abrasi dan masjid Al Amin masuk Kesungai, maka harus dilakukan pemasangan batu beronjong," kata Erwan yang akrab dipanggil Atan Kades 13 ini.

Masjid Al-Aamin Desa Pulau Gajah kata Kades 13, dibangun secara swadaya oleh masyarakat Desa Pulau Gajah, teringat juga olehnya, pembangunan masjid Al-Amin tidak terlepas dari bantuan oleh mantan Bupati Inhu Bapak HR Thamsir Rachman dan mantan ketua DPRD Inhu (alm) H. Soegianto.

"Semoga Bupati Inhu yang sekarang dan ketua DPRD yang sekarang dapat menyelamatkan masjid yang kami sayangi ini, semoga masjid kami tidak masuk kedalam sungai Indragiri akibat abrasi," kata Kades 13 penuh harapan.

Dijelaskannya juga, jika Anggaran Dana Desa (ADD) dibolehkan oleh aturan untuk menyelamatkan masjid Al-Amin desa Pulau Gajah dengan mencuatkan anggaran untuk turap, pastilah sudah dilakukan dan dianggarkan dalam dana desa. "Aturan melarang ADD dialokasikan untuk Masjid, kami menggunakan ADD sudah ada aturan untuk apa saja kegunaan anggaran desa," jelasnya.

Terakhir dijelaskan Kades, gotoroyong yang dilakukan oleh masyarakat desa adalah untuk mengantisipasi jika masjid Al-Amin yang sekarang kena abrasi dan masuk ke dalam sungai Indragiri. "Kami sudah siapkan lahan, tapi, selain bangunan masjid, ada juga SD dekat masjid itu yang juga abrasi terancam masuk ke sungai Indragiri," tutupnya. **Prc


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER