Kanal

Ajang Silaturahmi, 12 Sampan Meraih Juara di Tepian Kenangan Baturijal Hulu

PELITARIAU, Inhu - Pacu sampan yang diikuti oleh 48 sampan di kuantan tenang tepian Kenangan Desa Baturijal Hulu yang berlangsung dua hari Selasa (2/5/2020) hingga Rabu (3/5/2022) dipadati oleh ribuan penonton, mendapatkan apresiasi dari ketua fraksi PKB DPRD Inhu Dodi Irawan.

Selain menonton pacu sampan mini, ribuan pengunjung yang datang ke tepian Kenangan Desa Baturijal Hulu juga mendatangi objek wisata masjid tua Kenegerian Baturijal yang sudah masuk dalam situs cagar budaya di Kabupaten Inhu.

Dari jumlah 48 sampan mini yang berpacu ditepian Kenangan yang sudah puluhan tahun kegiatan pacu sampan mini di Kenegerian Baturijal dan rutin dilaksanakan setiap tahun, sebagian sampan berasal dari Kabupaten Kunatan Singingi (Kuansing), dimana setiap sampan mini yang berpacu memuat 6 orang atlit dayung yang sudah berpengalaman.

Ramainya penonton pacu sampan mini di tepian Kenangan itu juga memanfaatkan suasana itu mengunjungi objek wisata tebing tinggi yang di kelola BUMDES Baturijal hulu.

"Saya sangat mensupport acara ini, masyarakat butuh hiburan dan menjadi ajang silaturahmi. Mereka yang hadir menonton pacu sampan mini ini selain masyarakat Baturijal, mereka berasal luar Inhu memiliki saudara di Baturijal, ketika mereka jumpa ditepian Kenangan terlihat saling bersalaman," kata anggota DPRD Inhu Dodi Irawan.

Dodi Irawan yang juga ketua DPC PKB Kabupaten Inhu, selain mengapresiasi kegiatan positif pacu sampan mini di tepian Kenangan Baturijal Hulu, dia juga berharap agar kegiatan bersebut mampu memupuk rasa persatuan sesama atlit dayung dan rasa kekeluargaan sesama masyarakat Kenegerian Baturijal.

Semantara itu, Ketua panitia pacu sampan mini di Tepian Kenangan Baturijal Hulu, Musliadi, menjelaskan, kalau dirinya sudah 18 tahun terakhir ini aktif mengurus kegiatan pacu sampan mini di Kenegerian Baturijal. "Saya sudah 18 tahun jadi ketua panitia pacu sampan ini," ujar Musliadi.

Kegiatan pacu sampan mini kata Musliadi, selain untuk menguji kekompakan dan ketangkasan para atlit dayung, juga dijadikan ajang silaturahmi sesama atlit dayung yang sudah berlangsung puluhan tahun lomba pacu sampan mini di Kenegerian Baturijal. "Dari jumlah 48 sampan yang berlaga, 12 sampan mendapat kategori juara 1 sampai kategori juara 12," ujar Musliadi. 

Juara satu diraih oleh sampan yang bernama olang laut A, disusul juara dua Tuah Rantau, juara tiga Playboy Mei Pelaminan, juara empat Tuah Bima, Juara lima Panglimo Olang Sakti, juara enam Ini Dia, juara tujuh Putri Rawa Bulujala, juara delapan Tuah Camar, juara sembilan Ratu Siluman Pedang Iblis, juara sepuluh Ratu Kelulut A, juara sebelas Langkah Seribu dan juara dua belas Pasir Putih. **prc


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER