Kanal

Anggota DPR-RI Dapil Riau I Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Bersama Warga Sei. Sembilan

PELITARIAU, Dumai - Anggota DPR RI dapil Riau, Ir Effendi Sianipar melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tuggal Ika. Untuk masyarakat kota Dumai khususnya warga kec. Sei Sembilan. 
 
Kegiatan itu berlangsung di halaman kantor Pimpinan Anak Cabang PDIP kec. Sei. Sembilan jum'at petang (6/3/2015) kemarin. Peserta kegiatan terdiri tokoh masyarakat, mahasiswa, organisasi kepemudaan dan sebagainya serta kaum petani dan nelayan di kecamatan Sei. Sembilan. 
 
Selain itu juga kegiatan dihadiri Ketua DPC PDI-P Dumai Uber Firdaus, Ketua DPRD Dumai Gusri Effendi dan dan seluruh Anggota Fraksi DPRD Dumai, serta sejumlah tokoh dan sesepuh, pentolan PDI-P di kota Dumai. 
 
Pada kesempatan itu Effendi menampung aspirasi dan masukan yang disampaikan peserta. Dia berjanji hal itu akan diteruskan dalam pembahasan di DPR RI. Dia juga mengajak peserta yang hadir untuk berdiskusi mengenai penerapan empat pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
 
"Masukan dan aspirasi warga ini akan kami teruskan kepada pihak terkait. Selain itu juga dibahas di DPR RI sebagai masukan dalam menyempurnakan aturan yang ada," ujar Effendi.
 
Dia menekankan pentingnya empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama generasi muda yang harus memahami dan didorong menerapkan empat pilar kebangsaan itu sehingga muncul kesadaran akan cinta tanah air.
 
Sementara dalam diskusi tersebut muncul berbagai tanggapan, masukan dan pertanyaan dari peserta yang terlihat antusias mengikuti kegiatan itu. Di antaranya dari seorang adalah Sobri, pria paruh baya ini menyampaikan kekhawatirannya tentang prilaku generasi muda sekarang, yang jauh dari sifat tolong menolong dan sifat kegoto royongan, malahan mereka larut dalam kemajuan tekhnologi dan dampak dari kemajuan tersebut.
 
"Saat ini saya prihatin pak, melihat generasi kita yang suka internet, dan tidak memperhatikan orang disekelilingnya, adab mereka tentang sifat tolong menolong juga terlihat berkurang, untuk itu Sobri  meminta kepada DPR RI supaya memperjuangkan pedoman penghayatan Pancasila kembali dimasukkan dalam kurikulum sekolah dan pendidikan" bebernya. 
 
Sementara itu, Ir. Effendi Sianipar kepada pelitariau.com tujuannya datang ke Dumai adalah ingin kembali menguatkan empat pilar kebangsaan itu, menurutnya negara Indonesia lahir dari empat pilar tersebut, dan sosialisasi ini juga merupakan langkah untuk mencapai kemakmuran Indonesia secara utuh. 
 
Sedikit merincikan Ir. Effendi S mengatakan Pancasila merupakan dasar negara dengan negara yang berketuhanan, UUD 45 adalah pedoman-pedoman hukum dan perilaku masyarakat Indonesia, sedangkan NKRI adalah wujud kesatuan rakyat Indonesia dan Bineka Tunggal Ika adalah lambang persatuan rakyat Indonesia, yang terdiri dari beberapa suku, ras dan agama. 
 
"Empat pilar inilah yang menyatukan bangsa Indonesia dari tahun silam, untuk sayang sebagai wakil rakyat di pusat, dan tergabung dalam MPR- RI ingin menyampaikan pesan pemerinta pusat ini kepada masyarakat Indonesia di provinsi Riau, agar masyarakat Riau tetap solid dan demi mewujudkan kemakmura berbangsa dan bernegera" pungkasnya. 
 
Dalam kesempatan ini Ir. Effendi Sianipar dan sejumlah Anggota DPRD Dumai juga mendengarkan keluhan warga sei. Sembilan yang dapat diperjuangkan baik tingkat kota, provinsi dan tingkat pusat.***
 
 
Penulis: Bie
Redaktur: Ramdana
 

Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER