Kanal

Dinilai Pembohongan Lingkungan, CSR Pertamina Lirik di Pertanyakan

PELITARIAU, Rengat - Keberadaan Perusahaan minyak Pertamina EP Lirik di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau tidak berdampak baik bagi daerah, Perusahaan pertamina EP Lirik dinilai sudah melakukan pembodohan terhadap lingkungan dimana, Cosial Sebelity Respon (CSR) yang digadang-gadangkan hanya pembohongan kepada masyarakat.
 
Demikian dikatakan Mantan Anggota DPRD Inhu Hafizon Ramadhan SH kepada pelitariau.com Rabu (4/3) di Pematangreba. "Pertamina EP Lirik jelas sudah melanggar UU No 27 tahun 2007 tentang kepedulian perusahaan terhadap lingkungan, berapa jumlah CSR yang disalurkan Pertamina EP Lirik kemasyarakat?," kata Hafizon.
 
Hafizon menjelaskan, dirinya mengetahui tentang pembohongan soal CSR yang dilakukan Pertamina EP Lirik dimana, ada 4 Kecamatan di Kabupaten Inhu yang wlayahnya dijadikan lokasi penyedotan minyak, bukan hanya di Kecamatan Lirik saja."Apagunanya membangun diatas lahan yang dikuasai Pertamina oleh Pertamina, yang harus di lakukan pertamina adalah mengeluarkan keuntungan untuk peduli dengan lingkungan lokasi penyedotan minyaknya," jelas Hafizon.
 
Pertamina EP Lirik kata Hafizon menyalurkan CSR hanya dalam bentuk kaca mata dan pembangunan taman dilokasi depan kantor Pertamina, Perlu diketahui lokasi Pertamina EP Lirik masuk dalam Kecamatan Lirik, Rengatbarat, Pasirpenyu dan Sei-Lalak yang dijadikan lokasi penyedotan minyak Pertamina EP Lirik.
 
"Pertamina perlu menyampaikan program CSRnya kepada masyarakat di 4 Kecamatan tersebut, CSR yang disalurkan hendaknya tepat sasaran, jangan hanya menggadang-gadangkan lokasi taman yang manfaatnya tidak ada," jelas Hafizon.
 
Masyarakat dilokasi minyak yang disedot oleh Pertamina tidak membutuhkan taman sebab lokasi rekreasi yang perlu dibangun oleh Pertamina sudah tersedia seperti membantu pembangunan danau meduyan, Membantu pembangunan wisata danauraja atau membangun taman wisata Bukit 30 di Batanggansal.
 
Ada apa dengan Pertamina?, kata Hafizon seraya mengatakan sejak Pertamina berdiri di Kabupaten Inhu tidak nampak apa yang dibantukan oleh pertamina kepada masyarakat. "Lokasi pasilitas umum yang dibangun Pemerintah saja tidak dikeluarkan atau di hibakan kepada Pemkab Inhu, apa untungnya Pertamina EP Lirik ada di Inhu," kata Hafizon.
 
Semantara itu, Sebelumnya Humas Pertamina EP Lirik Jabar berbincang dengan pelitariau.com mengatakan, kalau Pertamina EP Lirik peduli dengan lingkungan serta peduli dengan masyarakat Lirik. "Tidak benar apa yang disampaikan hafizon, Hafizon taunya apa, ini Buktinya Taman wisata dibangun pertamina di depan Pertamina," katanya.
 
Lebih jelas di katakannya, masyarakat Inhu perlu bangga dengan keberadaan pertamina yang sudah membangun taman wisata, pemda Inhu saja diam-diam mengambil dokomen vidio taman wisata Pertamian EP Lirik untuk pameran potensi di kabupaten Inhu.***Pen
 
Editor: Ramdana 

Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER