Kanal

PSMTI Pekanbaru Rayakan Festival Dong Zhi, Hari Ibu dan Baksos Natal

PELITARIAU, PEKANBARU - Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Pekanbaru bersama Persaudaraan Wanita Tionghoa Indonesia (Perwanti) PSMTI Riau dan Mal Pekanbaru melaksanakan perayaan festival Dong Zhi, Hari Ibu dan  baksos Natal. 

Perayaan yang digelar di lantai III Mal Pekanbaru, Selasa (21/12/2021), dihadiri Kepala Disperindag Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut, Ketua LPM Kota Pekanbaru Sarjoko SE, Ketua Harian PSMTI Riau Dharmaji Chowmas, Ketua PSMTI Kota Pekanbaru Kamin, Ketua Perwanti PSMTI Riau Tresia Suyati Sali, Ketua Perwanti PSMTI Kota Pekanbaru Yulismi, Manager Mal Pekanbaru Megawati, Serta Jajaran pengurus inti PSMTI Kota Pekanbaru.

Ketua PSMTI Pekanbaru, Kamin mengatakan, festival dong zhi atau fetival kue onde (wedang ronde) digelar setiap tahun di sekretariat PSMTI Riau. 

"Berbeda di tahun ini, festival dong zhi dilaksanakan di Mal Pekanbaru bersamaan dengan Hari Ibu serta baksos Natal," sebut Kamin.

Disampaikannya juga selain memeriahkan festival dong zhi, Hari Ibu serta baksos Natal PSMTI Kota Pekanbaru dalam kegiatan ini juga mengundang anak-anak dari Panti Asuhan Rumah Bintang dan Panti Asuhan Panti Asuhan Yerahmeel.

"Kegiatan yang dilaksanakan berupa lomba buat onde-onde untuk masyarakat umum yang diikuti 6 kelompok. Hasil lomba bisa dinikmati bersama anak-anak panti asuhan, tamu undangan dan masyarakat umum, menghibur anak-anak panti asuhan dengan nonton bersama di bioskop dan memberikan bantuan untuk panti asuhan," terang Ketua PSMTI Kota Pekanbaru ini.

Selain itu, kata Kamin, setiap anak panti mendapatkan bunga mawar untuk diberikan kepada ibu-ibu yang ada di mall sebagai ungkapan suka cita di hari Ibu.

Ketua Harian PSMTI Riau, Dharmaji Chowmas berharap festival dong zhi bisa lebih dikenal masyarakat luas. Perayaan sekaligus untuk menjalin kebersamaan antar pengurus PSMTI dan lainnya. Kemudian mengenalkan salah satu budaya Tionghoa, terutama kepada generasi muda.

"Dong Zhi dirayakan warga Tionghoa di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Perayaan dengan memakan onde-onde bersama yang sarat dengan makna," jelasnya.

General Manager Mal Pekanbaru, Megawati mengaku senang dapat melaksanakan kegiatan bersama PSMTI Riau dan PSMTI Pekanbaru. 

"Sebelumnya kita sudah melaksanakan berbagai kegiatan bersama PSMTI Riau maupun PSMTI Pekanbaru, salah satunya vaksinasi Covid-19, kami akan terus bekerjasama dengan PSMTI untuk kegiatan sosial di Mal Pekanbaru ini," kata Megawati.

Kepala Disperindag Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut mewakili Pemerintah Kota Pekanbaru memberikan apresiasi kepada kegiatan ini. Ia mengingatkan kepada masyarakat untuk terus menjaga protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

"Kami mengapresiasi kegiatan ini, terlebih lagi dengan diadakannya lomba fetival kue onde yang merupakan tradisi kebudayaan Tionghoa, ada juga baksos kepada panti asuhan, atas nama Pemerintah Kota Pekanbaru saya mengucapkan selamat Natal kepada saudara kita yang merayakannya," ujar Kadisperindag Kota Pekanbaru.

Dalam acara ini, terlihat ketua PSMTI Kota Pekanbaru Kamin memberikan hadiah kepada salah seorang anak panti yang sangat merindukan sebuah gitar.

"Pakai gitar ini untuk memuji Tuhan,Ya," Pinta Kamin.

Perayaan dimeriahkan dengan penampilan anak-anak dari panti asuhan, Penyerahan hadiah kepada para pemenang fetival kue onde, pemberian  bingkisan dan angpao kepada anak-anak panti asuhan, serta penyerahan secara simbolis bantuan sembako kepada panti asuhan.

Dalam perayaan ini ketua panitia yang juga menjabat sebagai ketua harian PSMTI Pekanbaru Agus Sutikno mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia dan pihak sponsor yang telah mensukseskan terselenggaranya kegiatan festival dong zhi, Hari Ibu dan Baksos Natal ini. **Prc7


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER