Kanal

RELAWAN PEDULI COVID-19 RIAU GELAR DONOR DARAH SELAMA 3 HARI

PELITARIAU, Pekanbaru – Hampir setiap hari kita selalu mendapat informasi dari rekan, saudara dan komunitas dari masyarakat baik melalui media sosial maupun media informasi lainnya akan kebutuhan darah, apalagi saat ini yang paling banyak dibutuhkan adalah Plasma Konvalesen untuk pasien COVID-19 disamping darah PRC yang setiap saat dibutuhkan oleh pasien di Rumah Sakit. PMI Kota Pekanbaru membutuhkan darah sekitar +/- 7000 kantong per bulan untuk memenuhi permintaan masyarakat Kota Pekanbaru dan sudah ratusan kantong Plasma Konvalesen sudah berhasil diberikan kepada pasien COVID-19 Riau.

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Palang Merah Indonesia ke-76 yang jatuh pada tanggal 17 September 2021 ini, PMI Kota Pekanbaru kembali mengajak Relawan Peduli COVID-19 Riau untuk melaksanakan bakti sosial Donor Darah & Donor Plasma Konvalesen disamping untuk menjaga ketersediaan darah di masa pandemi saat ini.  Relawan Peduli COVID-19 Riau telah beberapa kali sukses menggelar donor darah bersama PMI Kota Pekanbaru bahkan telah memperoleh penghargaan dan tercatat di Musium Rekor Dunia Indonesia dengan kategori Donor Darah terbanyak  pada Bulan Suci Ramadhan dan Donor Darah Plasma Konvalesen. Donor Plasma Konvalesen adalah metode pengambilan darah plasma dari penyintas COVID-19 yang dapat diberikan sebagai terapi untuk pasien COVID-19 yang sedang dirawat.

Relawan Peduli COVID-19 Riau merupakan suatu kelompok yang peduli akan penyebaran COVID-19 yang terbentuk secara spontan saat pandemi COVID-19 mewabah di Riau. Berbagai organisasi sosial kemasyarakatan dan perkumpulan sosial telah tergabung dalam Relawan Peduli COVID-19 Riau dan juga telah mendapat dukungan dari Pemprov. Riau, Pemko Pekanbaru, TNI & Polri dalam setiap pelaksanaan kegiatannya. 

Inisiator Relawan Peduli COVID-19 Riau Toni Lim Thian Cui menerangkan bahwa Relawan Peduli COVID-19 Riau telah mendapat banyak permintaan bantuan dari keluarga pasien COVID-19 akan Darah Plasma Konvalesen dan sudah banyak kantong darah plasma konvalesen berhasil diserahkan kepada keluarga pasien berkat bantuan dari pendonor plasma konvalesen dan PMI Kota Pekanbaru dan sudah banyak pasien COVID-19 yang sudah sembuh walaupun ada beberapa yang tidak terselamatkan. Kami sangat berterimakasih kepada para pendonor dan PMI Kota Pekanbaru yang telah bekerja keras bersama kami untuk memenuhi permintaan akan Plasma Konvalesen ini sehingga banyak nyawa yang bisa terselamatkan.

Toni menambahkan bahwa dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Palang Merah Indonesia Ke-76 yang jatuh pada tanggal 17 September 2021 kami diajak oleh PMI Kota Pekanbaru untuk melaksanakan Donor Darah & Donor Plasma Konvalesen disamping itu juga untuk menjaga ketersediaan Darah di UTD PMI Kota Pekanbaru karena di masa pandemi COVID-19 ini stock darah di PMI Pekanbaru berkurang karena permintaan darah banyak dan pendonor berkurang, oleh sebab itu kami akan mengadakan Bakti Sosial Donor Darah dan Plasma Konvalesen ini selama 3 hari  yaitu pada tanggal 17 sd 19 September  2021 di Hotel Furaya Pekanbaru. Pelaksanaan donor darah ini tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. 

Sesuai dengan tema HUT PMI Ke-76 yaitu Bergerak Bersama Untuk Sesama, kami juga mengajak kepada warga masyarakat untuk kita sama-sama bergerak mengajak rekan, 
saudara, tetangga dan komunitas kita untuk mendonorkan darah yang tujuannya juga untuk membantu rekan, saudara, tetangga dan komunitas kita yang suatu saat akan sangat membutuhkan darah. Kami dari Relawan Peduli COVID-19 Riau juga telah didukung oleh berbagai organisasi sosial & kemasyarakatan dan perkumpuluan serta instansi Pemerintah baik Pemprov. Riau dan Pemko Pekanbaru, maupun TNI & Polri juga akan mengirimkan personelnya untuk ikut mendonorkan darah pada tanggal 17 sd 19 September 2021 ini di Hotel Furaya Pekanbaru. Sebagai ucapan terimakasih kepada para pendonor panitia akan memberikan buah tangan berupa Beras, Masker, Hand Sanitizer, Hand Gel dan sebagainya.

Menurut Toni, sejak beberapa hari lalu rencana kegiatan ini disampaikan, sudah ribuan calon pendonor yang telah mendaftarkan diri ke panitia melalui organisasi sosial & kemasyarakatan dan perkumpulan mereka, hal ini tentunya menunjukkan animo masyarakat yang tinggi dan rasa kepedulian dari masyarakat yang tinggi untuk membantu sesama, tentunya hal ini sangat kita banggakan. 
Kami sangat berharap melalui momentum peringatan HUT PMI Ke-76 ini akan menjadikan Donor Darah sebagai tradisi dan menjadi budaya masyarakat dalam kehidupan sehari-hari karena hal ini merupakan tugas kemanusiaan kita sebagai makhluk ciptaan Tuhan untuk saling membantu sesama. Kami juga memberi kesempatan dan mengajak kepada penyintas COVID-19 untuk dapat mendonorkan plasma konvalesen yaitu penyintas COVID-19 yang telah memenuhi persyaratan seperti sudah sembuh dari COVID-19, sehat, bebas gejala selama 14 hari setelah sembuh, memperlihatkan hasil RT PCR negative 1 kali, berat badan > 55 kg, berusia 18 – 60 tahun, dan disarankan laki-laki dan lain sebagainya. Untuk calon pendonor yang telah memenuhi persyaratan tersebut dapat melakukan screening pada saat pelaksanaan donor darah nanti, demikian tutup Toni. 

Kegiatan donor darah ini akan dilaksanakan pada tanggal 17 sd 19 September 2021, Pukul 08.00 sd 12.00 Wib dan 13.00 sd 17.00 Wib di Grand Ballrom Hotel Furaya Pekanbaru, Jalan Jend. Sudirman  No.72 Pekanbaru. Untuk informasi dan pendaftaran bisa hubungi Relawan Peduli COVID-19 Riau HP. 0823-8888-6449, Bagyo HP. 0822-8572-2255, Achin HP.0853-6500-0057 dan Yullian HP.0823-8678-8338. **rls


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER