Kanal

Batu Jange Sungai Indragiri Diminati Penggemar Dari Thailand

PELITARIAU, Rengat - Bebatuan yang berasal dari sungai Indragiri di Inhu  dijadikan batu akik oleh pengukir batu dan sangat diminati oleh wisatawan luar negeri. Seperti batu jange yang diminati penggemar batu akik dari negara Thailand.


Saat ini batu akik sangat diminati dan jadi hobi bagi para pecinta batu akik di Indonesia bahkan sampai ke mancanegara. Dalam acara pameran batu akik di kabupaten Indragiri Hulu beberapa waktu lalu semua pecinta batu akik datang dan memamerkan batu - batu mereka.

Batu laksamana Indragiri sangat dipopulerkan dan bukan hanya itu tetapi batu dari sungai Indragiri juga sangat diminati oleh wisatawan luar negeri seperti batu jange yang juga diminati wisatawan karena batu tersebut bukan hanya indah di lihat tetapi sangat kuat dan keras.

Pengrajin batu mengukir batu dari sungai Inhu dan menamakan batu tersebut adalah batu jange karena bentuk dan warnanya sangat bagus untuk di pamerkan, kata pengrajin batu akik roni (27) yang mengikuti pameran tersebut.

Roni pun menyampaikan kepada PELITARIAU.com, bahwa batu jange milik dia yang berasal dari sungai Indragiri  dibeli oleh pencinta batu akik asal Thailand dengan harga Rp. 1 juta  karena bukan hanya bentuk dan warna tetapi batu jange pun sangat keras.

Dan batu jange pun saat ini mulai diburu para pecinta batu bukan hanya dari kalangan orang dewasa, anak-anak pun ikut mencari batu tersebut.

 

Penulis : chandra hasibuan

Editor    : rio


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER