Kanal

Kepala KSOP : Keselamatan Penumpang Itu Yang Diutamakan

PELITARIAU, Meranti - Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan atau KSOP Kelas IV Selatpanjang Capt M.Ridha. R selalu menegaskan kepada nakhoda kapal dan perusahaan pelayaran yang berlayar di perairan Meranti. 

Hal ini disampaikan M.Ridha R kepada Awak media Sabtu (24/07/2021) pagi. Dikatakannya, setiap saat dirinya selalu menegaskan dan menyampaikan kepada anggota dilapangkan untuk selalu mengingatkan kepada Nahkoda Kapal maupun perusahaan pelayaran serta kapal-kapal lainnya agar tidak memaksa berlayar apabila cuaca kurang bersahabat (Mendukung,red).

"Hal ini disebabkan kondisi perairan Meranti sejak beberapa hari terakhir dalam keadaan tidak menentu. Cuaca dan ketinggian gelombang cenderung berubah rubah setiap waktu," katanya.

Menurut Kepala KSOP Kelas IV Selatpanjang M.RidhaR, kondisi perairan Meranti sampai saat ini memang masih bisa dilayari Kapal. Namun cuaca dan angin cenderung berubah-ubah setiap saatnya.

"Untuk itu sejak beberapa hari lalu kita sudah keluarkan imbauan kepada nakhoda dan perusahaan pelayaran. Dimana kita minta mereka berhati-hati terutama kapal pengangkut penumpang," ungkapnya.

Menurut dia, imbauan tertulis ini sudah seringkali disampaikan ke seluruh kapal, Bahkan dirinya juga menyampaikan setiap saat kepada Nahkoda maupun ABK kapal untuk tidak memaksakan diri berlayar jika menemukan kondisi gelombang tinggi dan angin kencang.

"Karena kondisi cuaca yang tidak menentu ini, kita sampaikan ke nakhoda untuk tidak memaksakan diri berlayar jika kondisi gelombang tinggi. Kalau bisa berlabuh atau kembali ke pelabuhan asal tunggu kondisi perairan membaik baru melanjutkan perjalanan,"ingatnya.

Ditambahkan dia, untuk Nahkoda Kapal agar selalu Mengecek data dari BMKG dan melihat langsung cuaca yang ada di Perairan Meranti. "Kita tetap meminta nakhoda, dan Penguna Jasa angkutan laut lainnya untuk waspada dan berhati-hati. Selain itu, Yang menjadi paling utama yakni para penumpang dan keselamatan penumpang merupakan nomor 1 bahkan pihak kapal harus selalu melaporkan situasi disaat-saat mereka berlayar atau meninggalkan dermaga," tutupnya. **


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER