Kanal

Kemenristek Bakal Bangun Pusat Teknologi Maritim Di Kaltim

PELITARIAU - Kementerian Riset dan Teknologi bakal membangun pusat penelitian kelautan di Kalimantan Timur. Sebagai negara maritim, Indonesia belum sepenuhnya memanfaatkan teknologi kelautan.

Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta menginginkan teknologi kelautan dapat berkembang di Tanah Air. "Memang kami sudah siapkan lokasi pusat penelitian iptek kelautan di Kalimantan Timur," ujarnya seusai membuka membuka RITECH Expo di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta, Sabtu (9/8), seperti dilansir merdeka.com.

Untuk itu, Kemenristek bakal bekerja sama dengan pemerintah daerah. "Pemerintah daerah sana sudah menerima dengan baik," jelas dia.

Adapun pelaksanaan RITECH Expo diselenggarakan pada 9-12 Agustus 2014 di Gedung II BPPT. Pameran tersebut menampilkan produk teknologi yang terkait pangan, energi, dan air.

Salah satu produk teknologi yang ditambilkan adalah motor trail listrik bernama Supermoto. Motor dengan kecepatan antara 70 km-100 km per jam tersebut bisa diproduksi selama delapan bulan dengan menggunakan komponen dalam negeri.

"Dan kami sudah memproduksi kementerian perhubungan sudah produksinya 10 motor," ujar Mario Rivaldi, pembuat Supermoto.

Menurutnya, tidak mudah memasarkan kendaraan seharga Rp 40 juta per unit tersebut. "Delapan jam untuk pengisian atau chargenya. (PR-cr.Ram)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER