Kanal

Bupati H.M Adil Gelar Rakor Bersama Tim Covid-19 Polda Riau, Siap Bebaskan Warga Meranti Dari Virus Covid-19

PELITARIAU, Meranti - Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil SH, mengatakan akan bekerja semaksimal mungkin untuk membebaskan warga Meranti dari Virus Covid-19, hal itu disampaikannya saat melakukan rapat koordinasi (Rakor), bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 Polda Riau, bertempat di Posko BPBD Meranti, Jalan Dorak, Selatpanjang, Jumat (28/5/2021).

Sekedar informasi, pada Jum'at ini, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti kedatangan Tim Gugus Tugas Covid-19 Polda Riau yang dipimpin oleh Kabid Humas Polda Riau Kombespol Sunarto didampingi Wadansat Polda Riau AKBP. Ramon. 

Seperti dijelaskan Kombespol Sunarto kedatangan dirinya bersama tim merupakan perintah Kapolda Riau untuk berkoordinasi dengan Pemda Kabupaten/Kota terkait upaya penanggulangan dan antisipasi penyebaran Covid-19 di Provinsi Riau, sekaligus menindaklanjuti Intruksi Presiden RI Ir. Joko Widodo untuk menakan angka Positif Covid-19 dalam tempo 14 hari kedepan.

Untuk itu dikatakan Sunarto, perlu dilakukan beberapa langkah strategis agar terget penurunan angka Covid-19 sesuai intruksi Presiden dapat dicapai sebagai berikut :

1. Dapat menjadi agen Protokol Kesehatan (Prokes) dengan melaksanakan 5 M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, Menghindari Kerumunan, Mengurangi Mobilitas).

2. Kegiatan PPKM harus terus dimonitor dalam menggiatkan masyarakat tertip 3 M.

3. Petugas PPKM aktif melaksanakan Testing, Tracing dan Treatmen.

4. Petugas Kesehatan atau Pusksmas setempat harus aktif mengontrol kesehatan masyarakat.

5. Pengawasan warga masuk lebih lebih Intens.

Selanjutnya ia berharap kepada Pemerintah Kabupaten untuk melaksanakan hal tersebut, sehingga angka positif Covid-19 di Riau dapat ditekan dan roda perekonomian dapat berjalan menuju pertumbuhan ekonomi 7 persen sesuai target Nasional. 

Menyikapi hal itu, Bupati Kepulauan Meranti H.M Adil, menyambut positif langkah-langkah yang harus dilakukan tersebut. Ia mengaku Tim Gugus Tugas Covid-19 Meranti siap bekerja keras untuk membebaskan warga Meranti dari Virus Covid-19.

Bukti komitmen Bupati ini telah diwujudkan dengan mengeluarkan perintah kepada Kepala Desa Se-Kabupaten Meranti untuk membentuk Posko Satgas Covid-19 di 103 Desa/Kelurahan yang ada di Meranti. Kepada petugas Satgas Kecamatan dan Desa Bupati mengintruksikan untuk terus melakukan pemantauan dan rapat intens serta koordinasi dengan Tim Covid-19 Kabupaten sehingga setiap perkembangan yang terjadi dapat segera dilakukan tindakan cepat, tepat dan terukur.

Selain itu, untuk menundaklanjuti intruksi Presiden dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 sekaligus menekan angka kematian, Bupati H.M Adil juga mengintruksikan kepada Camat dan Kades untuk mengawal pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 kepada warganya. Dengan begitu target Vaksinasi yang diamanahkan oleh Presiden untuk 75 persen warga Indonesia dapat tercapai.

Kemudian yang tak kalah penting, posisi Meranti yang berada ditengah daerah Zona Merah yakni Kepri dan Kota Pekanbaru sangat berpotensi menjadi daerah penyebaran Virus Covid-19. Agar itu tidak terjadi Bupati H.M Adil, telah mengintruksikan kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten untuk melakukan Rapid Test kepada setiap pendatang yang masuk, dan untuk mempermudah pengawasan  kedatangan penumpang angkutan laut hanya diberlakukan pada satu pintu yakni Pelabuhan Tj. Harapan.

Dan kepada Dinas terkait, Kepolisian dan TNI diminta untuk melakukan pengawasan Intens pada pelabuhan-pelabuhan tikus yang mungkin dijadikan sebagai pintu masuk Meranti. **


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER