Kanal

Pimpinan Muhammadiyah Sarankan Pemudik Pakai Alasan sebagai TKA Cina Kalau Dicegat

PELITARIAU, Jakarta - Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, mengkritisi kedatangan warga negara China yang beberapa waktu terakhir masuk ke Indonesia di tengah aturan larangan mudik lebaran. Ia bahkan menyindir pemerintah, dengan menyarankan agar para pemudik jika ingin lolos dari pencegatan di titik penyekatan memanfaatkan alasan mengaku sebagai tenaga kerja asing (TKA) China saja.

Hal itu diungkap Abdul Mu'ti dengan memposting sebuah video rekaman yang memperlihatkan mobil berjalan di tengah sungai, pada akun Twitternya @Abe_Mukti.

"Kalau mau sedikit cerdik, pemudik tidak perlu lewat sungai seperti itu. Lewat jalur biasa saja. Kalau dihentikan petugas, cukup bilang: kami TKA dari Cina. Mungkin akan diizinkan," ujarnya berseloroh dengan menyertakan emoji tertawa, sebagaimana dikutip CAKAPLAH.COM, Senin (10/5/2021).

Sebelumnya diberitakan pada Jumat (7/5/2021). Saat Pemerintah Indonesia tengah memberlakukan larangan mudik lebaran Idul Fitri 2021, tercatat 256 orang warga negara asing (WNA) asal China malah masuk ke Indonesia melalui Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Berdasarkan catatan dari Direktorat Jenderal Imigrasi Indonesia, diketahui para WNA China itu masuk ke Indonesia terbagi dalam dua jadwal penerbangan berbeda. Pertama pada Selasa 4 Mei 2021, pukul 14.55 Wib, dengan jumlah sebanyak 85 orang WNA China.

"Benar, pada Selasa 4 Mei 2021 Jam 14.55 telah mendarat 85 WN China dan tiga WNI dengan pesawat China Southern Airlines, charter flight, dengan nomor penerbangan CZ8353 dari Shenzhen di Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno Hatta," ujar Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi, Arya Pradhana Anggakara kepada wartawan, Jumat (7/5/2021).

Sementara untuk kedatangan penerbangan kedua pada Kamis 6 Mei 2021, pukul 11.50 Wib, dengan jumlah sebanyak 171 orang warga negara China. Arya Pradhana, mengaku masih belum memiliki data pasti dan laporan resmi dari pihak Bandara Soekarno-Hatta terkait hal tersebut.

Sedangkan informasi yang berhasil dihimpun wartawan, diketahui pada hari tersebut melalui Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, tepat pukul 11.50 Wib, sebanyak 171 orang warga negara China kembali masuk ke Indonesia menggunakan pesawat Xiamen Air dengan nomor penerbangan MF855 dari Fozhou. **prc4


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER