Kanal

Pendistribusian Vaksin Setiap Kecamatan Kepulauan Meranti di Kawal BBPOM Pekanbaru

PELITARIAU, Meranti - Penyaluran vaksin ke seluruh Puskesmas yang ada di kecamatan di Kabupaten Kepulauan Meranti mulai dilakukan hari ini, Kamis (4/2/2021).

Dalam melakukan pendistribusian, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru ikut terlibat langsung.

"Dalam penyaluran vaksin di setiap Puskesmas di Kabupaten Kepulauan Meranti, kita tim dari BBPOM Pekanbaru ikut mengawal dan melakukan pendampingan. Selain itu kita juga terlibat langsung dalam proses pengemasan vaksin yang akan dibagikan, karena vaksin yang dikirim dari Pekanbaru itu peruntukannya untuk satu kabupaten," kata Kepala Seksi Inspeksi BBPOM Pekanbaru, Ully Mandasari, Kamis (4/2/2021).

Dikatakan, proses tersebut penting untuk disiapkan agar kualitas vaksin Covid-19 yang akan disalurkan ke tempat pelayanan vaksinasi tetap terjaga.

BBPOM sendiri, menurutnya, bertugas mengawal distribusi untuk menjaga keamanan dan mutunya, serta melakukan Monitoring Efek Samping Obat (MESO) pada pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Ditambahkan pihaknya pun berupaya memastikan bahwa BBPOM akan terus proaktif memperkuat pengawasan distribusi vaksin di setiap jalur distribusi, di mana semua sarana distribusi harus menerapkan Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB).

Selain kesiapan penyaluran, kata Ully, sarana penyimpanan vaksin Sinovac itu pun harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, mulai dari cold chain, cold box sampai pengangkut vaksin.

"Kami pun memastikan sarana-sarana yang harus dimiliki, rantai dingin harus berjalan, karena itu terkait dengan temperatur untuk menjaga vaksin. Dimana suhu yang harus terjaga berada di rentang suhu 2-8 derajat Celcius. Setelah itu kita melihat apakah tempat penyimpanannya sesuai atau tidak, pengaturan suhu bagaimana,apakah kondisinya berubah atau tidak," ujarnya.

Dia melaporkan sejauh ini tidak ada kendala berarti dalam penyimpanan dan penyaluran vaksin Covid-19 di Kepulauan Meranti.

Secara keseluruhan, dari pemeriksaan yang dilakukan BBPOM kesiapan distribusi vaksin di Kepulauan Meranti menunjukkan tidak ada temuan kritikal atau temuan yang berdampak langsung pada mutu vaksin.

"Sejauh ini kami melihatnya bagus, tidak ada hambatan. Mulai dari vaksin yang disalurkan dari Instalasi Farmasi Pemerintah (IFP) hingga sampai ke Puskesmas," kata Ully.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Gugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Meranti, Muhammad Fahri mengatakan bahwa untuk mengawal distribusi vaksin, diperlukan kerja sama yang baik dengan berbagai pihak.

Ditambahkan, distribusi vaksin pada hari ini sudah dilakukan ke 5 Puskesmas dan sisa 4 Puskesmas lainnya akan dilakukan keesokan harinya. Dikatakan lagi, soal pendistribusian vaksin belum ada kendala yang berarti.

Untuk diketahui, sebelumnya sebanyak 1.920 vial vaksin Covid-19 Coronavac (Coronavac vaccine) tiba di Kota Selatpanjang, Kamis (28/1/2021) lalu.

Sementara itu pencanangan vaksinasi akan digelar pada Senin (8/2/2021) mendatang yang akan dilakukan di Puskesmas Anak Setatah Kecamatan Rangsang Barat. **


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER