Kanal

BPBD Riau Siap-siap Antisipasi Banjir

PELITARIAU, Pekanbaru - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Edwar Sanger memastikan pihaknya telah mempersiapkan diri untuk mengantisipasi musibah banjir di Riau dalam menghadapi situasi La Nina.

Beberapa daerah rawan banjir di Riau juga sudah dipetakan, terutama di wilayah Riau daratan (Kampar, Rohul, Kuansing), yang kemudian disusul beberapa daerah pesisir di Riau yang dianggap rawan banjir akibat curah hujan deras.


“Kami sudah melakukan upaya-upaya preventif untuk itu. Termasuk melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota (rawan banjir) untuk antisipasi, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Untuk kegiatan antisipasi tidak berbeda jauh, karena memang situasinya sama dan bisa diprediksi,” kata Edwar Sanger, Jumat(30/10/2020).


Edwar memastikan bahwa penaganan bencana banjir tahun ini akan bergerak secara bersama-sama. Dia menambahkan, penanganan banjir tahun ini akan lebih dipermudah karena Riau sudah memiliki kelengkapan infrastruktur yang cukup memadai.


“Khusus tahun ini, kami akan mengoptimalkan perangkat-perangkat untuk mendukung kegiatan penanganan. Seperti kesiapan perahu karet, kapal motor dan sarana lainnya yang sudah ada, itu yang akan dicek kembali kesiapannya,” sambungnya.


Sedangkan untuk ketersediaan alat berat, kata Edwar, juga sudah dilakukan kooridinasi dengan instansi terkait. Selain itu, beberapa alat berat yang sebelumnya diperbantukan untuk penanganan Karhutla (traktor mini), juga akan dioptimalkan untuk daerah-daerah rawan longsor di Riau.


“Secara sarana dan prasarana, Insya Allah sudah mendukung. Tapi kalau kita berbicara cukup, ya pasti tak akan cukup lah. Yang selas semuanya akan dioptimalkan,” sambungnya. **prc4


sumber: mediacenter


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER