Kanal

Mantap... Tahun 2015, Pacu Jalur Teluk Kuantan Akan Bertaraf Internasional

PELITARIAU, Telukkuantan- Pelaksanaan Pacujalur tradisional tahun 2015 mendatang diprediksi akan menjadi ajang bergengsi sepanjang sejarah pacujalur yang pernah diadakan di Teluk Kuantan, Kabupaten Kuansing. Pasalnya, peserta pacujalur pada tahun ini tidak hanya diikuti oleh peserta dalam negeri, akan tetapi juga dari luar negeri.

Tak tanggung-tanggung menurut penuturan Kadispora Kuansing, Marwan kepada wartawan kemarin, dalam perlombaan nanti, 10 negara akan ambil bagian pada perlombaan tersebut.

"Tahun ini, pacu jalur akan bertaraf internasional, sebanyak sepuluh negara akan berpartisipasi," kata Marwan, Seperti dilansir riauterkini.

Kata dia, saat ini pacu jalur akan menjadi agenda Pemerintah Provinsi Riau, sehingga alokasi dana menghadirkan negara-negara tersebut menjadi kewenangan provinsi. Lanjut pria asal Hulu Kuantan itu mengungkapkan, kendatipun demikian, terkait pacu jalur tahun 2015 yang akan digelar seputar bulan Agustus mendatang itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemprov Riau, seperti keikutsertaan 10 negara itu.

Direncanakan, perwakilan 10 negara ini akan diikutkan sebelum pelaksanaan pacu jalur tradisional dihelat. "Pemkab Kuansing kan punya dua jalur, itu aja nanti diperbaiki untuk negara-negara tersebut," ujarnya.

Selain ikut serta pada even pacu jalur ini, perwakilan 10 negara ini akan diinapkan di Kuansing. Pasalnya, mereka akan diajak melihat obyek wisata di Kuansing, seperti melihat Silat Pangean di Pembatang serta ke Air Terjun Guruh Gemurai dan Air Terjun Tujuh Tingkat Tangkoban di Kecamatan Hulu Kuantan. (cr.ram)

 

Editorial : Ramdana Yudha

 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER