Kanal

Ini Yang Harus Disegerakan Dalam Hidup

PELITARIAU.COM - Assalamu alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh...
Sahabatku, inilah yang harus kita segerakan dalam hidup di dunia sebentar ini. Segera bertaubat sebelum ajal tiba. Segera tegakkan salat sebelum habis waktunya. Segera tunaikan zakat sebelum datang bala, karena zakat menolak bala. Segera laksanakan haji kalau sudah mampu, kalau tidak mati seperti orang yahudi.
 
Segera selesaikan utang, kalau tidak jadi perkara di alam kubur. Segera minta maaf, kalau tidak dibalas di akhirat. Segera menguburkan jenazah muslim. Bila telah selesai satu urusan, bersegeralah menyelesaikan urusan berikutnya. Segera nikah, kalau tidak banyak fitnah. 
 
Subhanallah. Semoga Allah jadikan kita hambaNya yang tidak menyia-nyiakan waktu hidup di dunia ini untuk bekal panjang di akhirat nanti. Aamiin.
 
Subhanallah, lantas bagamana caranya agar kembali menghidupkan hati yang mati? Mulailah dengan sungguh-sungguh bertaubat. Allah janji akan mengubah keadaan mereka yang sungguh-sungguh bertaubat, "yubaddilullaahu sayyiaaatihim hasanaat" (QS Al Furqon: 70). Tadinya kotor menjadi bersih, tadinya hina menjadi mulia, tadinya mati menjadi hidup, tadinya hatinya keras menjadi mudah menangis. 
 
Kedua, banyak berdzikir, beristiqhfar dan bersholawat, "Liyukhrijakum minazhzhulamaati ilan nuuri", mereka yang banyak berdzikir, Allah keluarkan dari kegelapan menuju cahayaNya" (QS Al Ahzab: 41-44). 
 
Dan Rasulullah pun mengingatkan bahwa perbedaan hamba yang berdzikir dengan yang tidak, seperti orang yang hidup dengan yang mati. 
 
Ketiga, menghidupkan sunnah-sunnah nabi Muhammad, seperti menegakkan salat malam, tadabburul Quran, berjamaah di masjid, sedekah, selalu menjaga wudhu, dan sebagainya. Lakukan dengan kesadaran, kecintaan kepada Rasulullah, dan lakukan istiqomah terus menerus, jangan putus. maka "wa ashlaha baalahum", Allah ubah keadaan mereka (QS Muhammad 2). 
 
Tentu yang paling utama adalah serius taat, maka banyak keajaiban pada hamba Allah yang sungguh-sungguh taat, "Barangsiapa bertakwa sungguh-sungguh maka Allah tunjukkan jalan keluar dari masalahnya, dan rizki yang tidak pernah ia duga." (QS Ath Thalaq: 2-3).**
 
Oleh : Ustaz Arifin Ilham
 
PELITARIAU.COM

Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER