Kanal

Gunung Merapi Erupsi 2 Kali Pagi Ini, Masyarakat Diminta Waspada

PELITARIAU, Jakarta -Gunung Merapi mengalami erupsi pada Minggu 21 Juni 2020, sekira pukul 09.13 WIB. Tinggi kolom abu saat erupsi itu teramati sekira 6.00 meter dari atasu puncak gunung. Masyarakat diminta waspada.

“Telah terjadi erupsi G. Merapi, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah pada tanggal 21 Juni 2020 pukul 09:13 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 6.000 m di atas puncak,” demikian keterangan dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi.


Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 75 mm dan durasi ± 5 menit 28 detik.


Imbas erupsi tersebut, masyarakat diminta mewaspadai potensi ancaman luncuran awan panas dari runtuhnya kubah lava dan jatuhan material vulkanik dari letusan eksplosif.


“Area dalam radius 3 km dari puncak Gunung Merapi agar tidak ada aktivitas manusia,” katanya.


Masyarakat diminta mengantisipasi bahaya abu vulkanik dari kejadian awanpanas maupun letusan eksplosif. Selain itu, masyarakat dimintai mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di sekitar puncak Gunung Merapi. **prc4


sumber: okezone.com


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER