Kanal

Iklim Investasi Kondusif, Bupati Meranti Raih Riau Invesment Award 2014

PELITARIAU, Selatpanjang-Berkat kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dan investor serta aparat penegak hukum dalam mencibtakan iklim investasi yang kondusif bagi pengusaha lokal dan non lokal di Kabupaten Kepulauan Meranti, Pemerintah Provinsi Riau memberikan anugrah Riau Investment Award Terbaik I kepada Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, Msi. Penghargaan langsung diberikan oleh Sekdprov Riau H. Zaini Ismail, bertempat di Gedung Daerah, jalan Diponegoro Pekanbaru, Rabu malam (17/12).


Turut Hadir dalam acara penganugarahan tersebut, Bupati Walikota Se-Provinsi Riau, Mantan Wakil Gubernur Riau HR. Mambang Mit, Forkopinda, Direktur Wilayah Regional I Bidang Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM RI Herlina, Kepala Badan Penanaman Modal Provinsi Riau Drs. Irhas Irfan, Ketua Kadin Riau, Para Pengusaha, Pengurus Asosiasi dan lainnya.

Seperti dijelaskan Kepala Badan Penanaman Modal Provinsi Riau, Irhas Irfan, pemberian anugrah Riau Investment Award kepada Kabupaten Kepulauan Meranti bersifat Independen dari hasil penilaian tim yang terdiri dari Tim pendukung dari Badan Penanaman Modal Provinsi Riau, Penegak Hukum, Biro Hukum Sekdaprov Riau, Kamar Dagang dan Industri, serta Asosiasi Pengusaha Indonesia Provinsi Riau. Tim ini langsung melakukan penilaian di 12 Kabupaten Kota, dengan mempertimbangkan berbagai aspek yakni aspek kelembagaan, peraturan dan kebijakan daerah, infrastuktur investasi, kepastian dan penegakan hukum, promosi dan fasilitasi serta nilai investasi. Dengan melakukan kunjungan lapangan, wawancara dan diskusi dengan masyarakat dan dunia usaha.

"Ini merupakan hasil dari proses panjang dalam rangka penganugrahan penghargaan kepada Kabupaten Kota yang mampu mencibtakan iklim investasi yang kondusif dan berhasil mendongkrak investas didaerah,"ujar Irhas.

Dari hasil penilaian Tim Independen, Kabupaten Kepulauan Meranti berhasil menyabet 2 Penghargaan sekaligus yakni Kategori Fasilitasi Investasi dan Kategori Keamanan Penegakan Hukum. 

Khusus untuk pengharagaan Kategori Keamanan dan Penegakan Hukum merupakan penghargaan khusus dari Bupati yang diserahkan kepada Kapolres Kepulauan Meranti AKBP yang berhasil mengawal Kamtibmas di negeri sagu tersebut. "Kami melihat program dan koordinasi aparat Kepolisian sangat baik dengan Pemda," ujar Ketua Tim penilai Viator Butar-Butar dimana Polres Meranti selalu melakukan Patroli Dialogis dalam rangka pemeliharaan keamanan dan Kamtibmas dibawah Komando Kapolres.

Dua penghargaan ini mengantarkan Kabupaten Kepulauan Meranti meraih poin tertinggi 87.78 dan berhak menyandang predikat terbaik I Riau Investment Award Tahun 2014, menyingkirkan Kota Pekanbaru di peringkat II dan Kabupaten Siak di peringkat III.

Sekdaprov Riau, H. Zaini Ismail, mewakili Plt. Gubri Arsyad Juliandi Rachman mengucapkan apresiasi atas prestasi yang diraih Kabupaten Meranti yang berhasil mendongkrak dan mencibtakan iklim investasi yang kipondusif di Riau, ia berharap hal itu dapat dipertahankan karena hanya dengan kerjasama dari seluruh Kabupaten Kota, investasi di Riau akan akan meningkat demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat yang merupakan target dari pembangunan

Menyikapi hal itu Bupati Kepulauan Meranti Drs. Irwan, Msi didampingi Kepala Badan Investasi dan Pelayanan Terpadu Kepulauan Meranti Drs. Hendra Putra. Menurutnya mendongkrak dan mencibtakan iklim investasi yang kondisi di Kabupaten baru dengan kondisi serba keterbatasan bukan hak yang mudah untuk itu Bupati mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak khususnya aparat keamanan dan masyarakat Kepulauan Meranti. "Ini berkat peran dan partisipasi aktif semua pihak yang berhasil mencibtakan iklim investasi yang kondusif di Kabupaten Meranti,"ujar Bupati Irwan.

Bupati juga mengapresiasi Badan Penanaman Modal, Investasi dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Meranti, dengan inovasinya yang sedemikian rupa, memberikan susuatu yang menarik bagi investor lokal maupun non lokal untuk berinvestasi di Kabupaten Meranti dan membawa Kabupaten Meranti sebagai daerah potensi investasi baru di Riau dan Indonesia. "Kami komit membantu para investor yang ingin berinvestasi dengan Pemberian izin cepat, sederhana, murah dan transparan,"jelas Bupati.

Tak main-main Bupati bahkan berjanji menjamin keamanan dan siap membackup setiap orang yang berinvestasi. "sekali memberikan izin apapun masalah yang dihadapi investor akan kami backup dan bantu,"Tegas Bupati sambil mengucap Investasi di Kepulauan Meranti pasti untung.

Meski sudah meraih penghargaan investasi tertinggi di Riau, Kabupaten Meranti akan terus mengkaji titik kelemahan untuk segera diperbaiki, diharapkan kedepan Kabupaten Meranti dapat menjadi daerah tujuan investasi terbaik di Indonesia.

Adapun peluang investasi yang ditawarkan berupa Potensi Perkebunan, Pertambangan, Perdagangan, Hotel, Listrik dan hiburan selain itu, pembangunan infrastruktur transportasi mendorong pemmbangunan salah satunya Bandara di Meranti. "Kita sudah masuk desain dan tahun 2015 masuk pembebasan lahan, 5 tahun lagi pesawat terbang di Meranti,"harap Bupati.

Ditambahkan Hendra Putra, dalam rangka menarik investor pihaknya komit memberikan pelayanan prima, mulai dari menyediakan mobil pelayanan keliling, sistem pelayanan perizinan terpadu satu pintu dengan IT. Dan yang terpenting dirinya dan semua staf memiliki komitmen melayani dengan sepenuh hati. "Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mengurus izin usahanya,"ucap Kepala Badan Investasi dan Penanaman Modal Kabupaten Meranti. 

Kapolres Meranti AKBP Pandara, turut memberikan jaminan keamanan, pihaknya terus melakuka. Inivasi untuk menjamin Kamtibmas di Kabupaten Meranti, agar tercibta keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat untuk berinvestasi terobosan yang dilakukan dengan cara patroli dialogis untuk mendengarkan langsung keluhan masyarakat tentang kondisi keamanan di Kabuoaten Meranti. "Ini akan terus kita oertahankan,"ucapnya. (Rls Humas Meranti).


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER