Kanal

Meranti akan Laksanakan Latsar Bermetode e-Learning

PELITARIAU, Meranti - Kalau tak ada halangan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, akan melaksanakan pelatihan dasar (Latsar) bagi CPNS formasi 2018 dalam waktu dekat. Rencananya, Latsar akan dilaksanakan dengan metode e-learning.

Demikian disampaikan Kepala BKD Kabupaten kepulauan Meranti, Alizar SSos. Katanya, tanggal 20 April 2020 kemarin, mereka telah melakukan video conference dengan BPSDM Provinsi Riau. Dari hasil pembicaraan itu, Latsar bagi CPNS formasi 2018 akan dilaksanakan dengan metode e-learning.


"Di situasi seperti sekarang (Pandemic CoviD-19), tak memungkinkan kita untuk melaksanakan Latsar seperti tahun-tahun sebelumnya," kata Alizar.


"Diputuskan bahwa Latsar akan dilaksanakan dengan metode e-learning," katanya lagi.


Ditambahkan Sekretaris BKD, Bakharuddin MPd, Latsar dengan metode e-learning sangat membantu, terutama dalam hal pembiayaan. Daerah tak perlu lagi menyiapkan tempat khusus untuk lokasi belajar dan penginapan peserta Latsar. Dengan e-learning, peserta cukup berada di daerah yang jaringan internetnya bagus.


Sebab, tambah Bakharuddin, nantinya para Widya Iswara (WI) yang berada di Pekanbaru akan menyampaikan materi secara online. Aplikasi yang digunakan untuk mendukung suksesnya latsar bermetode e-learning ini bernama Zoom dan bisa untuk 100 peserta.


"Peserta diharapkan berada di daerah yang memiliki sinyal jaringan internet yang kuat dan lancar," ujar Bakharuddin.


Sementara itu, untuk jadwal, diakui Bakharuddin memang belum ditetapkan. Namun, diperkirakan akan dilaksanakan usai Hari Raya Idul Fitri atau pada Juni.


"Petunjuk teknis kemarin sudah disampaikan ke kita dalam bentuk softcopy. Kalau untuk jadwal pelaksanaannya, masih tetap seperti kemarin, sehabis lebaran atau sekitar Juni," kata Bakharuddin.


Sebelumnya, Pemkab Kepulauan Meranti berencana menggelar Latsar bagi CPNS formasi 2018 pada awal April 2020. Namun, mengingat saat ini pandemi Covid-19 mewabah, sangat tak memungkinkan untuk mengumpulkan banyak orang. Sehingga, Meranti diminta menunda pelaksanaan Latsar yang direncanakan tanggal 2 April 2020. **prc4


sumber: cakaplah


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER