Kanal

Bupati Mursini Tinjau Poskowas Kuansing-Dharmas Raya

PELITARIAU, Kuansing - Bupati Kuansing H Mursini melakukan peninjauan Poskowas Terpadu Covid-19 Perbatasan Kuansing (Riau) - Dharmas Raya (Sumbar) yang berada di Desa Perhentian Sungkai pada Rabu (29/4/2020).

Dimana Poskowas ini berada disalah satu gerbang masuk dari wilayah Kabupaten Dharmas Raya, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ke Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Sebelum melakukan peninjauan langsung, Bupati yang juga sekaligus Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kuansing, H Mursini didampingi Jubir, Agus Mandar serta sejumlah Kepala OPD Kuansing menerima laporan dari Camat Pucuk Rantau, Harjunaidi terkait kondisi kekinian di wilayah tersebut.

Hal itu disampaikan Bupati Kuansing H Mursini melalui Jubir Covid-19, Agus Mandar dalam pernyataan resminya pada Rabu (29/4/2020) malam.

Kita mendapat laporan dari Camat Pucuk Rantau  dan informasi masyarakat bahwa di perbatasan Pucuk Rantau denga Kecamatan Padang Lawas Kabupaten Dharmas Raya merupakan pintu masuk yang sangat penting bagi kita, karena intensitas lalu lintas dan interaksi dari masyakat kita ke pasar Koto Baru Pulau Punjung cukup ramai, sedangkan Kabupaten Dharmas Raya merupakan Zona Merah karena sudah ada positif Covid-19 sebanyak 7 orang.

Oleh karena itu setelah Bupati menerima bantuan sembako dari PT TBS, maka siang tadi Ba'da Zuhur langsung bergerak menuju lokasi," jelas Jubir Covid-19, Agus Mandar yang juga merupakan Asisten III Bupati Kuansing.

Menurut Agus Mandar, Poskowas di daerah perbatasan tersebut belum tersedia khusus. Dan selama ini hanya bergabung di Pos Pengawasan PT TBS.

"Poskowasnya belum berdiri, selama ini memanfaatkan Pos Pengawasan PT TBS. Dan setiap mobil yang lewat disemprot dengan desinfektan oleh petugas dari perusahaan," jelasnya.

Insya Allah besok pagi, sesuai arahan Pak Bupati H Mursini sudah berdiri tenda sebagai Poskowas Terpadu Covid-19 tepat pada lokasi perbatasan tersebut. Dan petugas dari Puskesmas sudah kita siapkan untuk penempatan tugas Poskowasnya," tegas pria yang juga merupakan dosen disalah satu universitas terbesar di Riau itu.

Selain itu, lanjut pria Kelahiran Baserah itu, pada Poskowas Terpadu ini nantinya juga akan dipasangi mesin penyemprotan desinfektan otomatis. "Pihak perusahaan menyiapkan pemasangan mesin desinfektan otomatis yang bisa menyemprot setiap kendaraan yang lewat termasuk truk pengangkut sawit," ujarnya.

Agus Mandar, selaku Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 juga menyampaikan himbauan Bupati Kuansing, H Mursini kepada masyarakat, khususnya masyarakat Pucuk Rantau agar tidak lagi menyeberang ke wilayah luar Kabupaten Kuansing tersebut.

Demi menjaga keselamatan kita bersama dari wabah Covid-19, Bupati telah meminta kepada Camat Pucuk Rantau agar masyarakat berbelanja ke Pasar yang ada di Kuantan Singingi saja, seperti pasar di Desa Pantai atau ke Lubuk Jambi, sehingga bisa menghindari kontak dengan warga dari luar Kuansing, khususnya Kabupaten Dharmas Raya," tandas Agus Mandar, yang juga merupakan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kuansing. **prc4


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER